Waspada! Tekanan Darah Tinggi dan Gula Darah Bisa Ganggu Kesehatan Mata

Ilustrasi mata

BERITAKATA.id - Penglihatan adalah salah satu aset berharga dalam hidup kita. Namun, ada dua kondisi kesehatan utama yang dapat berdampak negatif pada kesehatan mata, yaitu tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi (diabetes).

Dalam artikel ini, admin akan menjelaskan bagaimana kedua kondisi ini memengaruhi penglihatan dan bagaimana kita dapat menjaganya.

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi) dan Penglihatan

Tekanan darah tinggi, atau hipertensi, adalah kondisi di mana tekanan darah dalam arteri tubuh berada di atas batas normal. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk mata. Dampak tekanan darah tinggi pada mata termasuk adalah Retinopati Hipertensi.

Retina adalah lapisan jaringan di dalam mata yang sangat penting untuk penglihatan. Tekanan darah tinggi dapat merusak pembuluh darah di retina, yang disebut retinopati hipertensi. Ini bisa menyebabkan perdarahan pada mata, bengkak pada retina, dan akhirnya kerusakan permanen pada penglihatan.

Gula Darah Tinggi (Diabetes) dan Penglihatan

Diabetes adalah kondisi yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi dalam jangka panjang. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah di seluruh tubuh, termasuk di mata. Pengaruh diabetes pada penglihatan mencakup Retinopati Diabetes. 

Seperti retinopati hipertensi, retinopati diabetes adalah kerusakan pada pembuluh darah di retina. Ini dapat menyebabkan perdarahan, bengkak, dan bahkan kebutaan jika tidak dikelola dengan baik.

Katarak 

Orang dengan diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk mengembangkan katarak, yang bisa mempengaruhi penglihatan. Katarak adalah pengaburan lensa mata yang menghalangi cahaya masuk ke mata.

Cara Mencegah Pengaruh Buruk pada Penglihatan

Untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah pengaruh buruk dari tekanan darah tinggi dan gula darah tinggi, langkah-langkah berikut dapat diambil:

1. Kontrol Kesehatan Rutin 

Berkonsultasilah dengan dokter mata secara berkala, terutama jika Anda memiliki riwayat hipertensi atau diabetes.

2. Pantau Kadar Gula Darah dan Tekanan Darah

Jaga agar kadar gula darah dan tekanan darah dalam batas normal sesuai saran dokter.

3. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat dengan makanan seimbang dan olahraga teratur dapat membantu menjaga tekanan darah dan kadar gula darah.

4. Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak mata dan meningkatkan risiko retinopati. Berhenti merokok adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan mata.

5. Gunakan Kacamata atau Lensa

Jika Anda mengalami gangguan penglihatan akibat retinopati atau katarak, dokter mata dapat merekomendasikan penggunaan kacamata atau lensa khusus untuk membantu Anda melihat lebih baik.

Penting untuk diingat bahwa pencegahan adalah kunci dalam menjaga kesehatan mata. Dengan mengendalikan tekanan darah dan gula darah serta menjalani perawatan yang tepat,

Anda dapat melindungi mata Anda dari dampak buruk hipertensi dan diabetes. Tetaplah berkonsultasi dengan profesional kesehatan Anda untuk mendapatkan saran yang sesuai dan memastikan penglihatan Anda tetap sehat. ig/fat

624

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id