Warga Tiara Residence Bagikan Daging Kurban Melalui Kartu Elektronik

Warga mengambil daging di Perumahan Tiara Residence

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Warga yang tergabung di Paguyuban Perumahan (Perum) Tiara Residence, Desa Kebonagung, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo membagikan daging kurban ke masyarakat dengan menggunakan kartu elektronik, Sabtu (1/7/2023).

Kartu itu di-scan menggunakan card reader. Kemudian data pemiilik kartu otomatis masuk ke dalam aplikasi yang sudah disediakan.

Ketua Panitia Warga Tiara Berbagi Kurban, Abu Bakar Rohim menyebut, tujuannya adalah untuk kontinyuitas kegiatan warga Perum tersebut ke depannya.

“Aplikasi ini nanti tidak hanya digunakan untuk pembagian daging kurban saja, tapi bisa untuk zakat dan bantuan lainnya. Menggunakan kartu elektronik ini agar tepat sasaran karena cuma bisa dipakai sekali,” katanya.

Paguyuban tersebut membagikan sekitar 900 bungkus daging kurban kepada masyarakat sekitar. Mereka memprioritaskan warga yang membutuhkan.

“Penerimanya kami prioritaskan ke fakir miskin, duafa, janda dan anak yatim. Kami juga bagikan kepada pengguna jalan di jalur Pantura,” terangnya.

Suhartono, pembuat aplikasi tersebut menjelaskan, aplikasi yang dibuatnya adalah berbasis Excel.

Ia menggunakan kartu Radio Frequency Identification (RFID) dan scanner. Nantinya, saat kartu itu di-scan dengan card reader, otomatis data si pemegang kartu akan masuk ke database Excel.

“Saya membutuhkan waktu sekitar tiga hari untuk membuat aplikasi ini. Kami input datanya ke kartu itu satu persatu. Misal pemilik kartu sudah mengambil daging kurban di sini, nanti tidak akan bisa digunakan lagi karena ada pemberitahuan di aplikasinya kalau sudah ambil daging,” ujar Suhartono. ig/fat

 

894

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id