Warga Probolinggo Antusias pada Energi Hijau

Asisten Manajer Sipil, Umum dan CSR PT PLN Nusantara Power UP Paiton Wiji Dwi Purbaya

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id  - Asisten Manajer Sipil, Umum dan CSR PT PLN Nusantara Power UP Paiton Wiji Dwi Purbaya menegaskan, minat masyarakat relatif tinggi terhadap energi hijau. 

"Itu terbukti dari masih diusulkannya Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dari masyarakat," kata Wiji dalam rapat penyusunan rencana kerja program tanggung jawab sosial dan lingkungan, di Kecamatan Sukapura, Selasa (28/2/2023). 

Usulan PLTMH tahun ini berasal dari warga Desa Batur, Kecamatan Gading. PLTMH di Desa Andungbiru akan direplikasi di Batur. 

Penambahan PLTMH tersebut nantinya akan dikelola bareng oleh kelompok masyarakat yang sebelumnya sudah menggunakan PLTMH CSR dari Nusantara Power. 

Sejauh ini, lanjut Wiji, Nusantara Power setidaknya menyalurkan tiga unit PLTMH yang dinikmati sebanyak 450 KK di Desa Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. 

"PLTMH di Andungbiru dikelola oleh kelompok masyarakat sekitar dan didampingi oleh Nusantara Power. Nanti kita replikasi di Batur," ujar Wiji. 

Antusiasme masyarakat terhadap energi baru terbarukan atau energi hijau bagi Wiji cukup menggembirakan. Karena itu artinya, masyarakat semakin paham bahwa energi hijau akan membuat lingkungan menjadi lebih baik.

"Kesadaran masyarakat terhadap energi hijau sejalan dengan SDG's," pungkas Wiji. ig/fa

1046

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id