Wabup Timbul, Gus Haris, Dokter Mia Tanam Mangrove di Paiton

Aksi tanam mangrove di Paiton.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Sejumlah tokoh Kabupaten Probolinggo melakukan aksi tanam pohon mangrove bersama. 

Itu terlihat dalam kegiatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo bersama dengan Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani (HKTI) Kabupaten Probolinggo, yang melakukan penanaman bibit mangrove di kawasan Pantai Grinting Desa Karanganyar Kecamatan Paiton, Senin (5/9/2022). 

Aksi ini dilakukan oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko, Ketua HKTI Kabupaten Probolinggo dr Moh Haris Damanhuri, Ketua Perempuan Tani Provinsi Jawa Timur Dr Lia Istifhama, Ketua Perempuan HKTI Kabupaten Probolinggo dr Mirrah Samiyah alias dr Mia, serta sejumlah perusahaan. 

Timbul Prihanjoko mengatakan penanaman bibit mangrove ini merupakan bentuk dari kesadaran dari seluruh komponen masyarakat untuk kelestarian lingkungan.

“Harapannya setelah ini semua yang mempunyai kesadaran yang tinggi untuk bagaimana merawat dalam rangka untuk bisa ada kawasan hijau di Kabupaten Probolinggo untuk menahan abrasi yang sudah menjadi isu nasional dan internasional. Ini merupakan salah satu upaya untuk menahan abrasi,” katanya.

Kepada para pengusaha Wabup Timbul meminta agar mempunyai kesadaran terhadap lingkungan. Jika sudah mengais rejeki di Kabupaten Probolinggo tentunya juga harus bisa merawat lingkungan dengan sebaik-baiknya.

Sementara Gus Haris bangga sekali karena Perempuan Tani HKTI Kabupaten Probolinggo sudah mempunyai peran yang cukup besar terkait dengan kepedulian terhadap terjadinya abrasi, erosi dan lain sebagainya.

“Karena bagaimanapun juga bahwa alam ini bukan warisan dari nenek moyang kita, tetapi kita meminjam dari anak cucu kita. Karenanya kita mengembalikan harus dengan kondisi jauh lebih baik. Karena ini pinjaman dari anak cucu kita,” tegasnya.

Dokter Mia menjelaskan, sebagai sayap kanan HKTI Kabupaten Probolinggo tentunya akan terus mengawal dan mengajak masyarakat untuk berkolaborasi melakukan pembangunan partisipatif di Kabupaten Probolinggo.

"Karena tentunya sebuah daerah tidak akan sempurna proses pembangunannya kalau masyarakatnya itu sendiri tidak terlibat dalam sebuah pembangunan," ujar Mia. ig/fa

1401

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id