Wabup Probolinggo ke Lokasi Korban Banjir, Ungkap Langkah Penanganan

Timbul meninjau bibir sungai Kertosono.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko meninjau salah satu titik banjir di Kelurahan Patokan, Kecamatan Kraksaan, untuk melihat kondisi rumah warga yang tergenang, Sabtu (19/11/2022). 

Banjir itu terjadi akibat hujan yang turun cukup lama sehingga membuat debit air sungai Kertosono naik dan menggenangi rumah warga di sejumlah desa dan kelurahan. 

Setelah menyapa sejumlah warga di sana, Timbul menyerahkan bantuan paket sembako kepada warga terdampak luapan air banjir Sungai Kertosono. 

Bantuan ini berasal dari BPBD dan Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo.

Timbul kemudian bergeser untuk melihat dari dekat kondisi bibir sungai yang tergerus oleh luapan banjir. 

“Alhamdulillah, kebetulan saya juga didampingi pihak Pemprov Jawa Timur. Insya Allah perencanaannya sudah dilakukan untuk tahun yang akan datang. Nantinya akan dilakukan perbaikan-perbaikan di sungai ini. Perencanaan perbaikannya sekitar 7 kilometer mulai dari Desa Kalibuntu ke selatan. Karena memang wilayahnya Pemprov, jadi kita hanya meminta untuk segera ditangani,” kata Timbul.

Menurut Timbul, untuk penanganan sepanjang aliran Sungai Kertosono ini sepenuhnya menjadi kewenangan dari Pemprov. . 

Tetapi pihaknya terus berkoordinasi bagaimana ini bisa segera ditangani.

“Untuk penanganan terhadap warga yang terdampak dari luapan banjir Sungai Kertosono ini, kita akan memberikan bantuan-bantuan yang sudah disiapkan oleh BPBD dan Dinas Sosial. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi seluruh warga terdampak banjir,” harap Timbul

Selain di Kelurahan Patokan, banjir akibat luapan Sungai Kertosono ini juga melanda Desa Rangkang dan Kelurahan Kraksaan Wetan. ig/fat

1183

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id