Wabup Minta Anggaran Desa untuk Tunjang Ekonomi dan Kesejahteraan

Wabup Timbul Sambang Tretan di kantor kecamatan Sumber.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko meminta para kepala desa memaksimalkan anggaran desa untuk menunjang ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa. 

Hal itu dia tegaskan dalam kegiatan Sambanf Tretan di kantor Kecamatan Sumber. 

Diketahui, untuk mensukseskan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Probolinggo menggelar sambang dulur silaturahmi Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo dengan para kepala desa (kades) beserta perangkat desa, Selasa (24/1/2023) di halaman Kantor Kecamatan Sumber.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Timbul Prihanjoko beserta Ketua TP PKK Nunung Timbul Prihanjoko, Kepala DPMD Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto, Pimpinan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Probolinggo dan perwakilan dari Kantor Pertanahan Kabupaten Probolinggo.

Dalam kegiatan sambang dulur yang diikuti oleh kepala desa dan perangkat desa dari Kecamatan Sumber, Bantaran dan Kuripan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan dr. Shodiq Tjahjono, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Munaris serta Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan R. Oemar Sjarief.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Wabup Timbul dan Ketua TP. PKK Kabupaten Probolinggo Hj. Nunung Timbul Prihanjoko menyerahkan bantuan sembako untuk kaum duafa, santunan bagi anak yatim berupa peralatan sekolah kepada anak yatim serta santunan JKM dan beasiswa.

Menurut Wabup, Sambang Tretan adalah suatu upaya yang sangat penting dilakukan untuk mengetahui permasalahan-permasalahan di desanya demi dipecahkan dan dicarikan jalan solusinya. 

Wabup meminta pengelolaan anggaran desa dimanfaatkan dengan sesungguhnya untuk kegiatan yang menunjang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Sambang Tretan sebagai wadah pembinaan dan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa. 

“Ke depan aparatur pemerintah desa dituntut untuk mampu meningkatkan kinerja, disiplin berkemampuan manajerial dan profesional,” katanya.

Menurut Wabup Timbul, para kepala desa beserta perangkat desa dituntut mampu mengelola anggaran yang nilainya cukup besar. “Terlebih harus meningkatkan kapasitasnya dengan berbagai program kegiatan. Aparatur pemerintah desa dan perangkat juga harus mampu mengoptimalkan potensi yang ada di desannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. ig/fa

1067

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id