Tingkatkan IPM-Turunkan Kemiskinan, Ini Upaya Wabup Probolinggo

Wabup Timbul menyerahkan bantuan kemiskinan kepada masyarakat.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Timbul Prihanjoko berkomitmen menaikkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan menurunkan angka kemiskinan. 

Dalam menaikkan IPM, selain bergerak dari sisi ekonomi, Pemkab Probolinggo memberikan fasilitas sekolah yang layak dan baik serta infrastruktur jalan yang memadai. Hal ini untuk mendorong warga Probolinggo mendapatkan akses mudah di bidang ekonomi, kesehatan, maupun pendidikan.

"Kami terus berkomitmen memberikan yang terbaik untuk masyarakat, seperti infrastruktur jalan yang terus diupayakan bagus dan mantap. Pada tahun 2022, sebanyak 60% lebih jalan di Kabupaten Probolinggo sudah dalam kondisi baik," kata Wabup, Kamis (22/12/2022). 

Untuk memperbagus infrastruktur jalan, Pemkab memiliki truk alpomain yang bisa memperbaiki jalan dengan lebih cepat. Truk tersebut canggih dan dilengkapi peralatan lengkap. 

"Bicara IPM, yang harus diperhatikan adalah indikator penghitungannya, yaitu harapan lama sekolah (HLS), rata-rata lama sekolah (RLS) dan angka harapan hidup," tukas Wabup. 

Selain meningkatkan IPM, Wabup juga berkomitmen menurunkan angka kemiskinan dengan melakukan pendekatan. Yaitu memberikan bantuan sosial dan membuka sektor ekonomi agar terus berkembang. 

Dengan begitu pergerakan ekonomi dapat terjadi, apalagi sekarang masa pemulihan pasca pandemi Covid-19

"Kami juga melakukan pemberdayaan seperti membangun sumber daya manusia melalui Balai Latihan Kerja dan mendukung perkembangan UKM," jelas Wabup. 

Pihaknya juga membuka pintu lebar-lebar bagi investor yang akan berinvestasi di Kabupaten Probolinggo untuk percepatan ekonomi. 

Dengan banyaknya investor yang masuk, lapangan pekerjaan terbuka lebar dan angka pengangguran bisa terus berkurang. ig/fa

1107

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id