Tanam Ribuan Bibit Duren Montong di Pakuniran

Penanaman bibit pohon duren Montong di Pakuniran.

PROBOLINGGO, beritakata.id - Sedikitnya seribu bibit pohon duren montong dan bibit pohon alpukat ditanam di lahan dataran tinggi di Desa Kertonegoro, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (17/6/2022).

Aksi tanam pohon tersebut dilakukan Wakil Ketua Komisi B DPRD Jatim Habib Mahdi, bersama pihak Perhutani Lumajang dan kepala desa setempat. 

Ribuan bibit pohon durian montong dan alpukat juga diberikan kepada warga setempat untuk ditanam di lahan pribadinya. 

Mahdi mengatakan, penanaman pohon bibit durian montong dan alpukat itu sebagai bentuk rehabilitasi hutan dan lahan, dalam rangka pengembangan hutan rakyat.

Ia meminta masyarakat turut melestarikan hutan di lingkungannya, baik itu hutan milik negara maupun hutan milik pribadi, dengan melakukan pengawasan dan perawatan. 

"Saya yakin, warga masyarakat di Desa Kertonegoro, ini benar-benar menjaga kelestarian hutan. Sengaja kami membagikan dua bibit pohon yakni durian montong dan alpukat pada masing-masing warga agar mereka menanam bibit itu dengan baik," Mahdi yang juga ketua DPC PPP Kabupaten Probolinggo. 

Sementara itu, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Achmad Achyani, memberikan arahan kepada warga yang datang, tentang pentingnya kelestarian hutan yang menjadi tanggung jawab bersama.

“Kelestarian hutan bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja, ini tanggungjawab kita semua, sehingga kita harus melibatkan semua elemen masyarakat dan stakeholder di sekitar kawasan hutan ini,” ujarnya. ae

1455

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id