Sugianto Nasdem Ingatkan Calon Sekda Jaga Netralitas

H Sugianto Nasdem mengingatkan ASN menjaga netralitas.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari Fraksi Nasdem H. Sugianto menyarankan tiga calon sekretaris daerah (sekda) Kabupaten Probolinggo menjaga netralitas selaku aparatur sipil negara (ASN). 

Saran tersebut disampaikan Sugianto menyusul kehadiran calon sekda Heri Sulistyanto dan Ugas Irwanto dalam kegiatan bersama Wabup Probolinggo dan pengurus partai di Yogyakarta, Kamis (24/11/2022) malam. 

Menurut Sugianto, para calon sekda seharusnya menjaga netralitas. Apalagi saat ini masih dalam suasana seleksi terbuka jabatan sekda menggantikan Soeparwiyono. Kurang elok dan agak mengganggu kondusivitas jika tidak menjaga netralitas. 

"Saat ini juga memasuki tahun politik. Sebuah perubahan juga terjadi. Maka ASN harus menjaga netralitasnya," kata Sugianto, Jumat (25/11/2022). 

Sugianto mengingatkan, siapapun nanti yang terpilih sebagai sekda, harus mewakili semua golongan. Tidak hanya mewakili kelompok apalagi partai politik tertentu. 

"Ada kegiatan yang menggunakan APBD yang dikemas kegiatan kepartaian di luar wilayah, apalagi mengundang calon sekda yang segera dipilih. Itu seharusnya dihindari di masa seleksi sekda saat ini. Bentuk netralitas calon sekda adalah mewakili semua kepentingan masyarakat bukan kepentingan partai," pungkas Sugianto.

Diketahui, panitia seleksi terbuka untuk jabatan Sekretaris Daerah memutuskan tiga nama pejabat yang lolos tiga besar, Rabu (23/11/2022).

Mereka adalah Heri Sulistyanto Asisten Pemerintahan dan Kesra, Ugas Irwanto Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, dan Edy Suryanto Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. ig/fa

1755

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id