Siswa SDN Kebongagung I Mahir Tampilkan Seni Tari Glipang Khas Probolinggo

Siswa dan siswi SDN Kebonagung I mempraktekkan gerakan tari Glipang

PROBOLINGGO, beritakata.id - Pendekatan dan pengenalan seni budaya memang patut ditanamkan sejak dini. Hal itu diterapkan dengan baik oleh guru-guru yang mengajar di SDN Kebonagung I, Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. 

Berbagai macam seni budaya diajarkan kepada mereka, termasuk seni tari Glipang khas Probolinggo. Sejumlah murid diajarkan untuk mengenal seni tari lokal itu. 

Mereka nampak lihai mempraktekkan gerakan tari yang diikuti oleh irama musik tari Glipang. 

Guru Bidang Kurikulum dan Hubungan Kemasyarakatan, Bambang Taufiq Sw tidak menampik adanya kesulitan yang dihadapi ketika melatih siswanya untuk menari. 

"Namun, kekuatan kami sendiri ada dalam diri sendiri. Kami ikhlas memberikan dan melatih yang terbaik kepada mereka. Walaupun kami tidak memiliki basic tari, kami datangkan pelatih untuk mereka," ujarnya, Rabu (25/5/2022). 

Selain itu, imbuhnya, wali murid guyub dan kompak. Mereka mendukung penuh program sekolah dan siap bekerja sama. 

Alasan mengapa tari Glipang dikenalkan kepada para siswa adalah untuk mengenalkan kepada mereka budaya lokal milik Probolinggo. 

"Tari Glimpang ini adalah satu-satunya tari ciri khas Probolinggo.  Sehingga bisa dilestarikan dari generasi ke generasi," jelasnya. 

Hal ini juga didukung langsung oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo melalui Korwil Pendidikan Kraksaan dalam event Hardiknas dan Harkitnas. Pihaknya juga mengikutkan siswa-siswinya untuk mengikuti lomba yang digelar. ig

1500

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id