Siapkan Kawasan Industri Hulu dan Hilir

Wabup Timbul dan Hengki ketika rakor bersama Kementerian ATR. (Foto Ditjen Tata Ruang)

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Pemkab Probolinggo segera membangun kawasan industri di Dringu, Gending dan Pajarakan. Kawasan industri berkonsep industri hulu dan hilir. 

 

Kepastian itu didapat saat Pemkab Probolinggo menghadiri rakor bersama Kementerian ATR di Jakarta, 28 September pekan lalu. 

 

Rombongan Pemkab Probolinggo dihadiri Wabup Timbul Prihanjoko, Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo, para kepala OPD, salah satunya Kepala Dinas PUPR Hengki CS. 

 

Menurut Hengki, Pemkab telah memaparkan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Dringu, Gending dan Pajarakan sebagai kawasan industri di hadapan kementerian melalui Dirjen Tata Ruang.

 

Kawasan industri berkonsep hulu dan hilir. Artinya, bahan baku diambil dari hasil sumber daya alam di Kabupaten Probolinggo. 

 

"Pabrik bisa membeli kopi, jagung maupun produk lain hasil pertanian Kabupaten Probolinggo. Jadi petani bisa langsung menjual produknya ke pabrik," ujar Hengki, Senin (3/10/2022). 

 

Kawasan industri tersebut, lanjut Hengki, mampu menampung puluhan perusahaan dan puluhan ribu karyawan. Geliat perekonomian dari kawasan industri tersebut sangat tinggi dan berefek domino. 

 

Selain itu, kawasan industri juga tersambung dengan tol trans Jawa sehingga memiliki akses nasional. 

 

Bahkan, di kawasan industri tersebut, akan dibangun pelabuhan yang bisa menopang perekonomian skala internasional. 

 

Sebagai tahap awal mendukung kawasan industri, akan dibuatkan Peraturan Kepala Daerah setelah surat dari kementerian turun. 

 

"Ini bagian dari usaha percepatan pembangunan dan pemerataan ekonomi. Mohon dukungan agar Pemkab Probolinggo diberi kekuatan dan kepercayaan mendatangkan investor di kawasan industri, untuk memajukan Kabupaten Probolinggo," pungkas Hengki. ig/fa

1294

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id