SDN Kebonagung I Lestarikan Tari Glipang, Saat Rekreasi di Krucil

Puluhan murid SDN Kebonagung I menampilkan Tari Glipang di sela-sela rekreasi di Krucil, Probolinggo.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - SDN Kebonagung I Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, melestarikan Tari Glipang. 

Hal itu dibuktikan saat puluhan murid dan guru menampilkan Tari Glipang di sela-sela acara rekreasi ke Bremi Eco Park, Kecamatan Krucil,  Senin (12/6/2023). 

Gerakan yang diperagakan para murid kelas I hingga VI cukup mengesankan. Maklum mereka sering latihan pada kegiatan ekstrakurikuler sekolah. 

Tempat mereka menari glipang cukup mendukung, pasalnya mereka berada di daerah pegunungan Krucil dengan cuaca yang sejuk.

Sri Hayati, guru SDN Kebonagung I mengatakan, pihaknya sengaja mengajak murid menampilkan tari glipang sebagai upaya melestarikan tarian khas daerah Kabupaten Probolinggo. 

"Tari Glipang ini merupakan tarian khas Kabupaten Probolinggo, yang harus dilestarikan. Kita tampilkan tarian khas ini di tempat sendiri, di wilayah Kabupaten Probolinggo," tukas Sri. 

Sri menambahkan, jika SDN Kebonagung I punya kegiatan di luar kota, tidak menutup kemungkinan juga akan menampilkan Tari Glipang. Agar Tari Glipang semakin dikenal khalayak. 

Diketahui, Glipang merupakan kesenian rakyat tradisional yang berlatarbelakang budaya Pandhalungan dan menjadi ciri khas dari Desa Pendhil, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo. 

Kesenian ini dicipta oleh Sari Truno sekitar tahun 1920, kemudian diwariskan kepada cucunya bernama Soeparmo. 

Selain Tari Glipang, mereka juga melakukan senam bersama diiringi musik olahraga yang dipandu langsung oleh guru olahraga SDN Kebonagung I.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kegiatan bebas. Para guru dan murid menikmati pemandangan alam pegunungan Krucil dan tanaman hijau yang menghampar. 

Aneka wahana permainan juga dijajal para murid. Mulai mengayuh bebek air di danau, mandi di kolam dengan air yang sangat dingin, serta menjajal kendaraan roda empat ATV. 

Para murid dan guru terhibur dengan rekreasi tersebut. Bahkan, sejumlah wali murid yang ikut mendampingi anaknya, juga terlihat bahagia.

Puas bermain di Bremi Eco Park, rombongan SDN Kebonagung I kemudian menyempatkan waktu  untuk berkunjung ke KUD krucil untuk membeli aneka produk olahan susu sapi.

Kepala SDN Kebonagung I Kraksaan H. Puguh Santoso mengatakan, rekreasi tersebut merupakan rangkaian kegiatan perpisahan kelas VI tahun pelajaran 2022/2023. 

"Rekreasi itu juga menjadi ajang refreshing, sekaligus mengenalkan wisata di Kabupaten Probolinggo. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke luar kota, di sini juga ada," jelas Puguh. ig/fa

455

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id