Satu Juta Warga Probolinggo Terdaftar BPJS

Capaian UHC di Kabupaten Probolinggo berbuah penghargaan.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id  - Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan Dyah Miryanti mengatakan, sebanyak 1.103.978 jiwa atau 95,30 persen penduduk dari total jumlah penduduk 1.158.477 jiwa di Kabupaten Probolinggo telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pihak BPJS pun memberikan Piagam Penghargaan atas tercapainya predikat UHC tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Probolinggo yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, Selasa (29/11/2022).

Dyah mengapresiasi terlaksananya amanat untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat sesuai Undang-Undang Dasar 1945 melalui Program JKN semakin memudahkan masyarakat dalam merasakan perlindungan jaminan kesehatan. 

"Tidak ada lagi keluh kesah mengenai kesulitan masyarakat dalam memperoleh jaminan kesehatan. Dengan capaian UHC ini harapannya ke depan Pemerintah Daerah dengan Dinas terkait tetap concern terhadap jaminan kesehatan agar mencakup seluruh lapisan penduduk Kabupaten Probolinggo menuju penjaminan 100%,” ujar Dyah.

Wabup Timbul berterimakasih kepada BPJS dan seluruh pihak yang ikut andil meningkatkan taraf hidup dan mutu layanan kesehatan bagi masyarakat.

“Tercapainya predikat Universal Health Coverage (UHC) sebesar 95,30 persen ini adalah bukti nyata pemerintah serius terhadap kesehatan khususnya seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo. Pemerintah daerah Bersama BPJS Kesehatan terus sinergi dan kolaborasi untuk mempertahankan capaian UHC yang telah diraih dan terus melakukan upaya peningkatan hingga capaian tertinggi yaitu 100 persen,” tegas Timbul.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Probolinggo, Shodiq Tjahjono menyampaikan, jika suatu daerah telah memiliki predikat UHC, maka penduduk di sana bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan tanpa harus menunggu bulan depan lagi. 

“Beda ketika sebelum UHC, apabila masyarakat belum memiliki penjaminan dan akan didaftarkan pemda saat ini maka baru bisa bisa aktif kepesertaannya di bulan depan,” tandas Shodiq. ig/fa

1072

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id