Santainya Timbul Hadapi Pilkada 2024, Pilih Mengalir hingga Fokus Selesaikan Masa Jabatan

Timbul duduk di depan warung pinggir jalan usai makan.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo Timbul Prihanjoko terlihat santai usai makan di warung sederhana di Kecamatan Krejengan. Pemandangan ini terlihat dari video yang diterima Beritakata.id, Kamis (19/1/2023) lalu. 

Timbul duduk sambil merokok usai makan bersama para koleganya di dipan bambu depan warung makan tersebut. Enjoy. Tanpa beban. 

Kesederhanaan Timbul tidak mengagetkan. Sudah rahasia umum. 

"Pak Timbul memang nggak pernah rewel, Mas. Beliau sederhana," kata salah seorang kepala Organisasi Perangkat Daerah atau OPD. 

Santainya Timbul juga sama saat ditanya peluang dirinya maju Pilkada 2024. Padahal, Timbul tetap diperhitungkan sebagai kandidat calon bupati karena dua periode menjabat Wabup dengan pengalaman melimpah. 

Akan tetapi, modal itu tidak membuat Timbul jumawa. Sikapnya tetap tanpa beban. 

"Saya tahu diri. PDIP partai dengan suara kecil di DPRD Kabupaten Probolinggo. Tidak ada niatan maju dalam Pilkada 2024. Semua punya hak untuk maju asal memenuhi persyaratan," kata Timbul kepada puluhan wartawan dalam temu media di Guest House Kraksaan, akhir 2022 lalu. 

Soal Pilkada, Timbul mengaku menunggu keputusan DPP PDIP. Apapun perintah DPP, wajib dia tunaikan. 

Mengenai ambisi sebuah posisi, Timbul dikenal tidak ambisius. Gayanya jauh dari kata menggebu-gebu, apalagi sampai tabrak sana tabrak sini. Sikap mengalir dia pilih dalam mengarungi kehidupan dan politik. 

"Semua yang saya capai selama hidup tidak ada yang saya skenariokan. Saya mengalir saja selama ini," ujar Timbul dalam temu media. 

Adapun capaian Timbul, di antaranya menjabat Ketua DPC PDIP Kabupaten Probolinggo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Wakil Bupati Probolinggo dua periode. 

Sejak kepemimpinan Pemkab Probolinggo dipegang, dia sempat menjadi Plt Bupati pada 2021 meski kemudian kembali menjadi Wabup pada 2022. Namun, status Wabup terakhir yang dia pegang mendapatkan porsi lebih: Wabup dengan tugas dan wewenang Bupati.

Selesaikan Masa Jabatan
Kesan ingin menyelesaikan sisa jabatan sebaik-baiknya juga terlihat dari semangat Timbul belakangan ini. Mulai membuka pintu selebar-lebarnya untuk investor, menyemangati OPD yang meraih penghargaan, hingga memperbaiki ruas jalan di sejumlah kecamatan dengan truk alpomain. 

Mantan Ketua DPC PDIP Kabupaten Probolinggo ini seakan tanpa beban menyelesaikan masa baktinya yang akan selesai pada akhir 2023 mendatang. 

Timbul disebut ingin mewarisi sesuatu untuk Kabupaten Probolinggo di sisa kepemimpinannya. Tak heran jika sejumlah program dia kebut, baik infrastruktur maupun program lainnya. 

"Pak Timbul ingin memberikan yang terbaik di masa sisa jabatannya. Fokus bekerja di waktu yang tersisa," bisik salah seorang politisi. 

Di berbagai kesempatan, Wabup yang diberi wewenang dan tugas bupati tersebut juga kerap memotivasi aparat pemerintah mulai tingkat bawah, yaitu pemerintah desa. 

"Ayo tingkatkan kapasitas aparatur dan pelayanan kepada masyarakat. Wujudkan pemerintahan profesional," kata Timbul saat menghadiri silaturahim bersama kades dan perangkat desa dalam kegiatan Sambang Tretan. 

Hasil Pemilihan 
Timbul menjabat Wabup Probolinggo dua periode sejak 2013, setelah memenangkan Pilkada 2013 dan 2018 berpasangan dengan Puput Tantriana Sari. Saat itu pasangan Tantri dan Timbul diusung sejumlah partai politik. 

Pada Pileg 2019 lalu, PDIP meraih lima kursi DPRD Kabupaten Probolinggo. 

Untuk mengusung calon kepala daerah pada Pilkada 2024, partai politik atau gabungan partai minimal memiliki 10 kursi DPRD Kabupaten Probolinggo. 

Jadi, pengusungan pasangan calon kepala daerah menunggu hasil pileg 2024. 

Sejauh ini sudah ada tiga nama yang digadang-gadang bertarung dalam Pilkada. Yaitu Malik Haramain, Mahdi dan Gus Haris. ig/fa

1761

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id