Sambang Tretan Pakuniran, Wabup Probolinggo Minta Maksimalkan Potensi Agropolitan Perkebunan

Camat, kades dan perangkat desa bersama Wabup Probolinggo dalam sambang tretan.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo menggelar sambang tretan atau silaturahim Wakil Bupati Timbul Prihanjoko bersama kades dan perangkat desa se-Kecamatan Pakuniran di kantor Kecamatan Besuk, Senin (12/12/2022). 

Wabup Timbul mengatakan, pihaknya mengusulkan tambahan penghasilan untuk kades dan perangkat desa dan telah disetujui Gubernur Jatim.  

"Saya usulkan tambahan penghasilan. Insya Allah cair bulan ini," kata Wabup disambut tepuk tangan ratusan perangkat desa. 

Dalam silaturahim sekaligus pembinaan tersebut, Wabup menambahkan, kades dan perangkat desa harus mampu mengelola dana desa yang besar, demi kesejahteraan masyarakat. 

Juga harus meningkatkan kedisiplinan, kapasitas, profesionalisme, menjaga moralitas, dalam menjalankan pelayanan dan pemerintahan. 

Maka kapasitas kades dan perangkat harus ditingkatkan, dengan mengikuti pembinaan, pelatihan dan bimbingan teknis. 

Wabup meminta kades dan perangkat desa Pakuniran mengembangkan potensi Pakuniran yang dimiliki. Yakni potensi pengembangan agropolitan perkebunan, pertambangan, olahan kue kering dan batik. 

"Potensi tersebut harus dioptimalkan demi kesejahteraan masyarakat," tukas Timbul. 

Kepala Dinas PMD Edy Suryanto menegaskan, sambang tretan tersebut merupakan forum silaturahim pimpinan level pemkab dengan pimpinan level pemerintah kecamatan dan desa. 

"Ini luar biasa. Bapak Wabup ingin mengenal lebih dekat kades, sekdes, dan perangkat. Bapak Wabup ingin lebih dekat dengan pasukan terbawah yang menyukseskan visi-misi pembangunan Wakil Bupati Probolinggo," ujar Edy.  

Edy menambahkan, selain silaturahmi, acara tersebut sebagai ajang akselerasi percepatan pembangunan mewujudkan visi misi Wakil Bupati. 

Camat Pakuniran Imron Rosyadi mengapresiasi giat sambang tretan tersebut, khususnya silaturahim Wabup dengan para kades, ketua PKK desa, dan perangkat se-Pakuniran. 

"Harapan kami, pemerintah desa lebih dekat dengan pemimpinnya. Selain itu, karena Pakuniran mempunyai potensi wilayah yang dikembangkan untuk pariwisata, Pemkab bisa memfasilitasi untuk pengembangannya," kata Imron. ig/fa

1236

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id