Saat PLN Nusantara Power Tanam Pohon Cemara Bersama Forkopimda

Kegiatan clean up dan tanam pohon yang diselenggarakan PLN Nusantara Power di Pantai Grinting Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Forkopimda Kabupaten Probolinggo menanam pohon cemara di pantai bersama PLN Nusantara Power. 

Mulai dari Dandim 0820 Dandim 0820, Letkol Arm Heri Budiasto, Kajari David P. Buarsa, Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo, hingga Sekda Ugas Irwanto yang mewakili Plt Bupati. 

Mulanya mereka duduk jongkok, lalu menggali sedikit tanah, dan menancapkan bibit pohon Cemara. 

"Selesai! Semoga pohonnya tumbuh sampai besar," kata Ugas sembari mengusap keringat  di tengah cuaca panas menyengat. 

Diketahui, untuk mengurangi polusi sampah plastik di pantai, PT PLN Nusantara Power menggelar Coastal Clean Up Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Pantai Grinting, Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (10/6/2023).

Direktur Operasi Pembangkit Batu Bara PLN Nusantara  Power Rachmanoe Indarto  menjelaskan, kegiatan itu digelar untuk melestarikan pantai. 

"Kami juga menanam cemara laut untuk menjaga kelestarian. Kegiatan ini digelar serentak di sejumlah titik di seluruh Indonesia yang ada PT PLN Nusantara Power. Setiap tahunnya, kami akan melakukan penanaman pohon dan sudah ada road mapnya untuk itu," terang Rachmanoe. 

Supervisor CSR PLN Nusantara Power Wiji Dwi Purbaya mengatakan, manfaat cemara juga dapat melindungi tanah dari erosi. Akar cemara yang kuat dapat menahan tanah dan mengurangi risiko erosi tanah. 

"Tanaman cemara sering ditanam sebagai tanaman penahan erosi di daerah-daerah yang rawan erosi seperti pantai dan dataran tinggi," ujar Wiji. 

Ugas Irwanto mengapresiasi gelaran kegiatan tersebut. Menurutnya, kesadaran masyarakat akan kebersihan khususnya di laut memang perlu ditingkatkan. 

"Potensi Pantai Grinting luar biasa. Syaratnya, kalau memang ingin dijadikan tempat wisata, pantainya harus bersih. Pemerintah desa setempat juga bisa membuat badan usaha milik desa (Bumdes) berupa kafe mini untuk wisatawan nanti dengan dana desa (DD)," terang Ugas. 

Ugas berharap, gerakan seperti ini tidak hanya ada karena gelaran PT PLN Nusantara Power. Artinya, masyarakat harus mulai sadar untuk menjaga kebersihan walau tanpa gelaran kegiatan. ig/fa

976

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id