Ribuan Warga Ramaikan Jalan Sehat, Plt Bupati Sukses Bina Koperasi

Ribuan warga memadati jalan sehat Harkopnas. Plt Bupati menerima penghargaan sebagai tokoh pembina koperasi.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – Pemkab Probolinggo melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) menggelar jalan sehat memperingati Hari Koperasi Nasional 2023 di alun-alun Kraksaan, Minggu (30/7/2023).

Jalan sehat bertema “Komeng Begi” atau Koperasi Mengabdi dan Berbagi itu, diikuti ribuan masyarakat, dan mengambil start dan finish di Alun-alun.

Kegiatan dilepas Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko, dan dihadii Ketua TP PKK Nunung Timbul Prihanjoko, Forkopimda, Sekda Ugas Irwanto, Ketua Dharma Wanita Persatuan Rita Erik Ugas Irwanto, Plt Kepala DKUPP Dwijoko Nurjayadi serta sejumah pejabat Pemkab, serta Ketua Dekopin Wilayah Jawa Timur Slamet Sutanto.

Rute dimulai dari depan Masjid Agung Ar-Raudlah Kraksaan. Selanjutnya peserta berjalan ke timur melewati Jl Panglima Sudirman dan belok ke utara melewati Jalan Juanda. Kemudian dari perempatan Masjid An-Nur peserta belok ke arah barat melewati Jalan Rengganis hingga belok ke selatan melewati Puskesmas Kraksaan. Selanjutnya ke timur melewati Rutan Kraksaan hingga kembali finish di Alun-alun Kota Kraksaan.

Ribuan peserta dan insan koperasi kemudian mengikuti senam Tiktok bersama dan dilanjutkan dengan peninjauan Pasar Rakyat K-UKM oleh Plt Bupati dan forkopimda.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan sosial (bansos) “Komeng Begi Bako” (Koperasi Mengabdi dan Berbagi Sembako) kepada 76 orang masyarakat miskin ekstrim di Kecamatan Kraksaan.

Komeng Begi membagikan ratusan doorprize mulai dari setrika, blender, magic com, jam dinding, payung, kulkas dan lain sebagainya serta 2 hadiah utama berupa sepeda listrik

Slamet Sutanto mengaku sangat salut dengan perkembangan UMKM yang ada di Kabupaten Probolinggo. Produk-produk UMKM Kabupaten Probolinggo sangat layak bersaing dengan daerah lain di Jawa Timur, bahkan bisa go internasional.

“Koperasi harus cepat menangkap peluang ini dan segera adaptasi. Dekopin sebagai wadah koperasi bermitra dengan pemerintah harus mampu menangkap peluang ekonomi Kabupaten Probolinggo setara dengan daerah yang lain,” kata Slamet.

Menurut Prihanjoko, esensi kehadiran koperasi di tengah masyarakat mampu menggerakkan sendi-sendi ekonomi rakyat dan penerapan jatidiri koperasi dalam bermasyarakat akan membangun kekuatan hebat untuk Kabupaten Probolinggo sejahtera dalam kebersamaan.

“Kegiatan ini mengangkat derajat dan martabat UMKM,” katanya.

Prihanjoko mengapresiasi segenap insan koperasi Kabupaten Probolinggo atas pengabdian dan dedikasinya kepada Kabupaten Probolinggo.

“Semangat hari ini, saya harap dapat menjadi motivasi, syiar dan momentum bagi segenap pihak untuk terus kerja selaras dan bersinergi demi kemajuan pembangunan ekonomi Kabupaten Probolinggo,” ujar Prihanjoko.

Tokoh Pembina Koperasi
Prihanjoko juga menerima penghargaan sebagai Tokoh Pembina Koperasi. Penghargaan ini diberikan karena selama ini dinilai sukses membina koperasi yang ada di Kabupaten Probolinggo. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Slamet Sutanto di sela-sela kegiatan jalan sehat.

“Semoga penghargaan dan kepercayaan yang diberikan oleh Dekopin Wilayah Jawa Timur ini bisa semakin memotivasi insan koperasi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo,” ujar Prihanjoko.

Slamet Sutanto menyebut, Dekopin Wilayah Jawa Timur melihat perkembangan koperasi di Kabupaten Probolinggo sudah sangat bagus. Semua ini tidak terlepas dari pembinaan yang dilakukan oleh Plt Bupati Probolinggo.

“Atas capaian tersebut, kami memberikan penghargaan kepada Bapak Wakil Bupati Probolinggo sebagai Tokoh Pembina Koperasi. Mudah-mudahan dengan penghargaan ini, koperasi di Kabupaten Probolinggo ke depan bisa semakin maju dan berkembang,” ujar Slamet. ig/fa

785

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id