Realisasi Pendapatan Kab Probolinggo Peringkat Satu Indonesia

Warga membayar pajak bumi dan bangunan.

PROBOLINGGO, BERITAKATA id - Kabid Pendapatan Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Probolinggo, Offie Agustin mengatakan, dari 375 pemerintah kota/kabupaten se-Indonesia, Kabupaten Probolinggo menempati urutan pertama dalam Realisasi Pendapatan APBD 2022 dengan presentase 89,11%. 

"Presentase itu merupakan yang tertinggi se-Indonesia. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Dirjen Bina Keuangan Daerah dalam zoom yang diikuti oleh Kepala BPPKAD Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina," kata Offie, Minggu (6/11/2022). 

Offie menjelaskan, untuk mencapai itu semua, ada langkah-langkah yang dilakukan, yakni intensifikasi pajak, penagihan dan ekstensifikasi pajak dengan cara menggali potensi-potensi pajak baru.

“Kami juga mempermudah pembayaran pajak dengan cara digitalisasi semua mata pajak sehingga bisa dibayar di Indomaret/Alfamart dan multi channel melalui aplikasi kami,” terang Offie. 

Pada tahun 2022 ini, capaian pajak secara keseluruhan sudah melampaui 100%. Menurut Offie, ini merupakan capaian yang luar biasa.

Selain itu, sejak tahun 2015 sampai 2021, realisasi pajak daerah selalu melampaui target yang ditentukan, artinya melebihi 100%.

“Soal pajak yang belum mencapai target tahun ini hanya menunggu tanggal saja. Insya Allah tanggal 18 November ini capaiannya sudah melebihi. Targetnya Rp68 M realisasinya pasti di atas Rp70 M. Kami optimis semua mata pajak mencapai target,” tutur Offie. ig/fat

1316

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id