Rahasia Memotret Foto Bokeh dengan Kamera DSLR/Mirrorless

Contoh foto dengan efek bokeh (lokasi: depan Kantor Bupati Probolinggo)

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Bokeh adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan efek lembut dan blur pada background foto, sementara objek utama tetap tajam. Efek bokeh ini memberikan sentuhan artistik yang memikat dan memisahkan subjek dari latar belakangnya.

Jika Anda ingin menguasai teknik memotret dengan efek bokeh, ikuti panduan praktis berikut ini.

1. Pilih Lensa dengan Aperture Lebar

Aperture merupakan salah satu faktor utama dalam menciptakan efek bokeh. Lensa dengan aperture lebar (f/1.8, f/1.4, atau lebih rendah) akan memberikan hasil bokeh yang lebih kuat dan lebih dramatis. Pilih lensa prime (tetap) dengan aperture lebar untuk memaksimalkan potensi efek bokeh.

2. Jarak antara Objek dan Latar Belakang

Untuk menciptakan efek bokeh yang kuat, penting untuk menjaga jarak yang cukup antara objek utama dan latar belakang. Semakin jauh jaraknya, semakin kuat efek bokeh yang dapat Anda hasilkan. Cobalah untuk memisahkan objek utama dari latar belakang dengan menjaga jarak yang cukup antara keduanya.

3. Atur Mode atau Pengaturan Aplikasi Kamera

Ketika menggunakan kamera DSLR atau mirrorless, pilih mode aperture priority atau manual untuk memiliki kendali penuh atas pengaturan aperture. Sesuaikan aperture ke angka terendah yang tersedia pada lensa Anda. Anda juga dapat menggunakan mode potret jika kamera Anda memiliki fitur tersebut, yang secara otomatis akan menyesuaikan pengaturan untuk mencapai efek bokeh yang diinginkan.

4. Fokus pada Objek Utama

Pastikan untuk mengatur fokus dengan benar pada objek utama. Pilih titik fokus secara manual jika memungkinkan, atau gunakan mode fokus tunggal (single point focus) untuk mengendalikan fokus secara tepat pada objek yang diinginkan. Pastikan objek utama tajam dan latar belakang blur.

5. Manfaatkan Backlighting atau Cahaya Belakang

Memanfaatkan cahaya belakang (backlighting) dapat meningkatkan efek bokeh. Ketika objek Anda berada di antara cahaya belakang yang terang, seperti matahari atau lampu, ciptakan kontras yang kuat antara objek dan latar belakang. Ini akan membantu menciptakan efek bokeh yang lebih menarik.

6. Eksperimen dengan Posisi dan Sudut

Cobalah untuk mengambil foto dari berbagai posisi dan sudut. Melakukan eksperimen dengan sudut pengambilan foto dapat menghasilkan hasil yang berbeda dalam hal efek bokeh. Cobalah mengambil foto dari dekat atau menggunakan teknik 'bokeh balls' dengan latar belakang yang penuh dengan titik cahaya terang.

7. Perhatikan Komposisi dan Background

Selain efek bokeh, perhatikan juga komposisi foto dan latar belakangnya. Pastikan latar belakang yang dipilih tidak terlalu ramai atau mengganggu. Pilih latar belakang yang sederhana dan bersih agar objek utama tetap menonjol. Ingatlah bahwa efek bokeh hanya merupakan salah satu elemen dalam fotografi yang sukses.

Dengan memahami teknik-teknik dasar dan menggunakan lensa yang tepat, Anda dapat menciptakan foto dengan efek bokeh yang indah. Pilih lensa dengan aperture lebar, jaga jarak antara objek dan latar belakang, dan atur pengaturan kamera dengan benar.

Eksperimen dengan cahaya belakang dan sudut pengambilan foto untuk menciptakan efek bokeh yang unik. Ingatlah bahwa efek bokeh hanya merupakan salah satu aspek dari fotografi yang sukses, jadi pastikan untuk memperhatikan komposisi dan latar belakang juga.

Praktikkan teknik-teknik ini secara konsisten, dan Anda akan semakin mahir dalam menciptakan foto dengan efek bokeh yang memukau. ig/fat

932

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id