Polisi: Warga yang Disebut Disantet Sakit TBC dan Liver

Barang bukti beserta salah seorang pelaku pengrusakan rumah dan penganiayaan terhadap Sanimo berhasil diamankan oleh Polres Probolinggo

PROBOLINGGO, beritakata.id - Polres Probolinggo berhasil menangkap salah satu pelaku pengrusakan terhadap rumah milik Sanimo atau pak Mul yang menjadi korban isu santet di Desa Alastengah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

Dalam press release yang digelar di Polres Probolinggo, Senin (6/6/2022), polisi masih berhasil mengamankan satu orang pelaku pengrusakan rumah dan penganiayaan terhadap korban dan keluarga. 

"Saat ini yang diamankan masih satu berinisial J. Korban diisukan memiliki ilmu santet yang menyasar salah satu warga di sana hingga membuat perutnya buncit," jelas Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi. 

Namun, setelah dilakukan pemeriksaan di RS Rizani Paiton, ternyata warga yang perutnya buncit itu menderita penyakit TBC dan Liver sehingga membuat keadaan perutnya seperti itu. 

"Isu tersebylut tidak benar atau hoax. Jangan mudah terprovokasi dengan isu tersebut. Saat ini akan kami dalami kasus ini," tegasnya. 

Kasatreskrim Polres Probolinggo, AKP Rachmat Ridho menyebut, diperkirakan akan ada tersangka tambahan. Akan tetapi pihaknya masih mendalami kasus ini dengan melakukan penyelidikan. 

"Untuk J yang ditangkap sekarang ini, masih kami dalami apakah dia yang menjadi otak utama yang menggerakkan masyarakat untuk melakukan ini," tutur Ridho. 

Kapolsek Paiton, Iptu Maskur mengingatkan kepada masyarakat agar segera melaporkan kepada yang berwajib bila terjadi kejadian serupa. Ia pun tidak membenarkan aksi main hakim sendiri. 

"Saya harap kejadian ini hanya berhenti di sini dan tidak terjadi di daerah lain," harapnya. 

J dijerat pasal 170 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. 

Diberitakan sebelumnya, Sanimo serta keluarganya di Desa Alastengah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo menjadi korban pengrusakan dan penganiayaan oleh warga. 

Sekitar 50 orang mendatangi rumahnya pada Kamis (6/2/2022) lalu karena isu tentang dirinya memiliki santet beredar di kalangan masyarakat desa tersebut. ig

1449

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id