Polisi Bakal Pasang Stiker, Buntut Jip Terjun Jurang di Bromo

Arsya Khadafi berusaha memberikan jaminan keamanan bagi wisatawan Bromo yang naik jip.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Polisi bakal memasang stiker pada kendaraan jip yang mengangkut wisatawan Bromo. Stiker tersebut menandakan jip layak jalan dan bisa mengangkut wisatawan. 

Kepala Kepolisian Resor Probolinggo Ajun Komisaris Besar Polisi Teuku Arsya Khadafi mengatakan, untuk mengantisipasi kecelakaan  terulang, Satlantas Polres Probolinggo bersama Dishub Jatim melakukan pengecekan kelayakan kendaraan jip serta surat-surat milik pelaku jasa wisata. 

"Rencana kami, nantinya pelaku jasa wisata pemilik jip yang memenuhi kriteria akan kami beri stiker. Sehingga  kita bisa tahu mana kendaraan yang layak buat wisatawan. Para pengemudi jip tidak boleh ganti-ganti," kata Arsya, Selasa (20/9/2022). 

Arsya berduka cita atas kejadian tersebut. Sebab salah seorang korban yang meninggal adalah sopir jip, yang tercatat sebagai warga Kabupaten Probolinggo. 

Atas kejadian itu, Arsya mengajak para pelaku jasa wisata untuk berbenah sehingga ke depannya lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan ke para wisatawan. 

Apalagi, TNBTS merupakan satu diantara 10 destinasi wisata nasional yang cukup terkenal di mancanegara. 

Oleh karenanya perlu dimaksimalkan pelayanan jasa wisata khususnya mulai dari penginapan atau hotel, alat transportasi jip, dan wisata berkuda. 

"Dengan adanya pelayanan yang maksimal, para wisatawan akan puas sehingga tidak merasa rugi jika mengeluarkan uang lebih banyak dari biasanya. Efeknya tentu perekonomian pelaku jasa wisata dan masyarakat di sekitar Bromo dapat meningkat," pungkas Arsya. 

Respon itu disampaikan setelah Arsya mengikuti Rapat Koordinasi Kelompok Pelaku Jasa Wisata Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). 

Rakor ini digelar guna membahas serta mengecek kelayakan kendaraan para pelaku jasa wisata di TNBTS sehingga tercipta kenyamanan dan keamanan bagi wisatawan pasca kecelakaan jip yang membawa wisatawan terjun ke jurang di kawasan Bukit Cinta, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (10/9/2022) lalu.  ig/fa

1324

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id