Petani Pertanyakan Solusi Pupuk Subsidi yang Bakal Dicabut

Kegiatan seminar diwarnai pertanyaan petani tentang pupuk.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Seorang petani di Kabupaten Probolinggo mempertanyakan soal pupuk subsidi yang rencananya bakal dicabut untuk para petani dalam giat Seminar Sehari Memulihkan Bersama Kabupaten Probolinggo di tengah Persaingan Masyarakat Global yang digelar di gedung Islamic Center Kraksaan, Kamis (11/8/2022). 

Salah satu narasumber, Ketua  HKTI Kabupaten Probolinggo, Haris Damanhuri menanggapi pertanyaan itu. Ia mengatakan, kesulitan pupuk subsidi ini memang selalu terjadi. Pada akhirnya, kesulitan ini akan mencapai titik akhir di mana pemerintah sudah tidak mampu mengsubsidi pupuk lagi. 

Kalau pun nanti pada akhirnya subsidi pupuk dicabut, HKTI hanya bisa mempressure pemerintah menanyakan apa kira-kira pengganti pupuk subsidi nantinya. 

"Kami tidak bisa berbuat lebih karena HKTI hanya menjadi jembatan antara petani dengan pihak terkait karena kami tidak memiliki kewenangan. Akan tetapi, akan kami kawal hal ini. Tentunya, saat pupuk subsidi dicabut, mesti ada bentuk dukungan lain dari pemerintah," kata Haris. 

Haris menambahkan, saat ini, alternatif pupuk subsidi yang mau tidak mau harus dilakukan adalah menggunakan pupuk organik. Walaupun lebih rumit, akan tetapi untuk konsumsi jauh lebih sehat. Terkait pemasaran masih akan berproses kalau di daerah. ig/fat

1224

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id