Pertuni Advokasikan Peluang Kerja untuk Kaum Disabilitas

Kegiatan digelar di ruangan Jabung II Kantor Bupati Probolinggo

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kabupaten Probolinggo menggelar diseminasi data pembangunan peluang kerja inklusif dengan menganalisis kebutuhan dan mengatasi hambatan di ruang Jabung II Kantor Bupati Probolinggo, Jumat (1/9/2023).

Ketua Pertuni Kabupaten Probolinggo, Arizky Perdana Kusuma mengatakan,  kegiatan yang digelar olehnya mewakili komunitas difabel lainnya di Kabupaten Probolinggo yang dinahkodai oleh Pertuni.

Kegiatan itu berisi paparan dari pendataan Pertuni di empat kecamatan sebagai sampling di Kabupaten Probolinggo. Yakni, Kecamatan Paiton, Leces, Lumbang dan Kraksaan.

"Karena ini kami petakan tujuannya untuk memastikan mereka menginginkan pekerjaan dan penghasilan yang seperti apa," tutur Rizky.

Berdasarkan pengalaman sejumlah kaum difabel, ada diskriminasi pembedaan dalam pekerjaan dan diposisikan sebagai penerima manfaat serta dianggap belum mampu bekerja maksimal.

Rizky menambahkan, pihaknya mengadvokasi peluang kerja melibatkan pemerintah dan swasta untuk menciptakan lingkungan kerja yang setara.

Diketahui, tercatat di Probolinggo, ada 7.641 kaum disabilitas yg terdata di Dinas Sosial. 62 persen bekerja dan 38 persen tidak bekerja.

Menurutnya, pemerintah sudah memberikan sejumlah dukungan kepada kaum difabel untuk menciptakan lingkungan kerja yang setara.

"Terkait dukungan pekerjaan, untuk saat ini setelah kami mendatangi balai latihan kerja (BLK) belum ada pelatihan untuk kaum difabel. Sebab, mereka belum memiliki alat, kurikulum maupun cara berkomunikasi dengan kaum difabel. Namun, BLK sudah membicarakan terkait hal ini kepada BLK pusat untuk mengadakan kelas bagi difabel, " imbuh Rizky.

Soal infratruktur, Pertuni sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mewujudkan infrastruktur yang ramah. ig/fat

787

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id