Perbup atau Himbauan? Regulasi Penggunaan Udeng Tengger bagi ASN di Kabupaten Probolinggo

Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengenakan Udeng Tengger saat hari kerja

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, wacana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo untuk membuat peraturan bupati (Perbup) soal penggunaan Udeng Tengger bagi aparatur sipil negara (ASN) saat berdinas nampaknya belum bisa dilakukan.

Meski demikian, ASN diperbolehkan untuk tetap mengenakan udeng. Mengingat, akhir-akhir ini, Pemkab Probolinggo tengah gencar mensosialisasikan udeng kepada masyarakat, khususnya di Kabupaten Probolinggo.

Ugas menyebut, tanpa Perbup pun, ASN sudah mulai berjalan mengenakan udeng saat hari kerja.

“Karena ini adalah hal yang baru, maka mungkin perlu kiranya dibuatkan  Perbup. Tapi juga ada masukan dari sejumlah pihak untuk mempertimbangkan hal ini dan menyarankan sebaiknya tidak usah di-Perbupkan, cukup dihimbau saja. Rencana, yang di-Perbupkan nanti adalah baju seragam yang berbordir lokal,” tutur Ugas, Jumat (9/6/2023).

Akhirnya, pihaknya pun cukup memberikan himbauan kepada ASN untuk mengenakan udeng, syukur-syukur bisa diikuti oleh masyarakat.

Menurut Ugas, kalau penggunaan udeng (khas Tengger) meluas, ini akan menjadi peningkatan ekonomi khususnya di usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal.

Ugas ingin mengangkat UMKM khususnya perbordiran dan udeng agar lebih hidup dan meningkat. Sebab, Ugas menilai Kabupaten Probolinggo kaya akan potensinya sehingga semua lini juga ikut bergerak.

Menurut Ugas, Udeng Tengger  sudah bisa dikatakan mendunia, bukan hanya nasional. Namun masyarakat Probolinggo masih belum merasa ada kebanggan akan hal itu.

“Belum ada rasa untuk melestarikan budaya Tengger. Salah satunya udeng yang selama ini dipakai oleh keluarga sekitar Bromo. Saya lihat konsep, bentuk dan filosofisnya berbeda dengan udeng di daerah lain,” jelas Ugas.

Diharapkan, ada icon tersendiri yang betul-betul menjadi ciri khas Kaupaten Probolinggo. ig/fat

1018

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id