Pengemis Lampu Merah Kraksaan Nyawer Biduan Dangdut, Videonya Viral

Potongan gambar video pengemis yang nyawer penyanyi dangdut.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id  -Viral sebuah video, seorang pengemis sekaligus pengamen yang biasa mangkal di lampu merah Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, menghambur-hamburkan uangnya dengan menyawer biduan penyanyi dangdut. 

Dalam video berdurasi 15 detik tersebut, berisi aktivitas sehari-hari pengamen sekaligus pengemis yang diketahui bernama Al (58), warga Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo, menjalankan aktivitas mengemis dan mengamen sehari-hari. 

Pada detik berikutnya, muncul adegan saat Al berjoget di atas panggung sambil menyawear biduan penyanyi dangdut di sebuah panggung orkes dangdut. 

Saat berjoget sambil nyawer, Al mengenakan kopiah, tas kecil, dan alat musik rebana hadrah yang selalu dibawa saat mengamen mauun mengemis.

Sontak, video tersebut viral dan menuai banyak tanggapan dari para warga.

"Wah ternyata uangnya hasil mengemis dan mengamen dibuat nyawer biduan dangdut. Waduh," kata seorang warga Kraksaan usai melihat video tersebut.

Viralnya video tersebut membuat Satpol PP Kabupaten Probolinggo turun tangan. 

Pada Selasa (2/8/2022), petugas Satpol PP membawa Al dari tempat mangkalnya di traffic light Kraksaan saat tengah mengamen, ke kantor Dinas Satpol PP di Kraksaan.

Menurut Satpol PP Ahli Muda, Budi Utomo, Al dikenal bandel. Al seringkali diamankan dan dibina oleh petugas usai dirazia, namun terus-terusan kembali menjalankan aksinya. 

"Dia mengamen sekaligus mengemis menggunakan rebana. Sudah sering ditangkap dan dibina tapi selalu kembali lagi," ujar Budi.

Saat menjaring Al kali ini, Budi berharap agar Al berhenti mengamen dan mengemis di traffic light. Apalagi diketahui uang hasilnya mengamen dan mengemis ternyata dihambur-hamburkan, diberikan kepada penyanyi dangdut.

"Kami sangat menyayangkan ulah kakek Al ini. Kami beri pembinaan agar tidak diulangi lagi ke depannya. Al diserahkan ke Dinas Sosial," tukas Budi.

Dalam pantauan, Al kerap beraksi di lampu merah Kelurahan Kraksaan Wetan dan Desa Kebonagung. Selain mengemis kepada pengendara, Al seksekali mengamen dengan alat rebana yang dibawa. 

Al kadang ngotot kepada pengendara agar diberi uang. Tak jarang pengamen tersebut menghalangi kendaraan yang akan melaju ketika lampu hijauh sudah menyala. ig/fa

1140

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id