Pengaduan Pasar Semampir Direspon Lebih Cepat, Warga pun Lebih Suka Mengadu ke Lapor Kand4

Suasana lalu lintas di Pasar Semampir Kraksaan yang sebelumnya semrawut kini sudah lebih tertib.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Warga Kabupaten Probolinggo angkat bicara mengenal inovasi call center Lapor Kand4, yang digagas Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto. 

Itu setelah warga mengadu kepada Ugas soal kondisi di Pasar Semampir Kraksaan, yang terlihat sumpek dan macet lantaran banyak lapak yang dipasang pedagang secara sembarangan di bahu jalan. 

"Setelah mengadukan ke Lapor Kand4, langsung ditertibkan. Sekarang terlihat lebih rapi dan kemacetan terurai," kata T, warga Kraksaan, Rabu (25/10/2023). 

T mengatakan, inovasi Lapor Kand4 di nomor 082-131-001-001  yang digagas oleh Ugas Irwanto selalu Pj Bupati Probolinggo, mulai dirasakan masyarakat Kabupaten, setelah banyaknya laporan mengenai semerawutnya tata kelola pasar Semampir Kraksaan, dan mendapat respon lebih dari 8 ribu komentar di media sosial. 

"Hari ini satpol PP, pengelola pasar, dan aparat terkait melakukan penertiban. Program ini sangat bagus sehingga aduan masyarakat bisa sampai langsung ke pemangku jabatan, karena selama ini tidak ada respon jika melalui jenjang aparat terkait mulai dari kelurahan/desa, kecamatan, dan dinas terkait," ujar T.

Karenanya, tidak heran jika warga lebih suka mengadu ke Lapor Kand4 karena langsung direspon dengan cepat. 

Sehingga, kata T, harapannya program ini dapat dilanjutkan dan disempurnakan oleh bupati terpilih yang akan datang.

Terkait hal itu, Ugas bilang Lapor Kand4 memang dijadikan saluran bagi masyarakat kepada dirinya untuk mengadukan semua hal. Seluruh pengaduan masyarakat itu pelan-pelan diperbaiki. 

Lapor Kand4 ini sebenarnya sebagai media komunikasi antara pejabat daerah dengan masyarakat sehingga tidak ada sekat-sekat. 

"Memang pengaduan yang paling banyak itu terkait kerusakan jalan, tapi kami sudah nyicil. Pelan-pelan kita perbaiki. Dengan anggaran yang terbatas kita coba untuk memperbaiki jalan sebagian besar, meski anggaran yang kita punya tidak mampu untuk memperbaiki seluruh jalan di Kabupaten Probolinggo," tandas Ugas. 

Terkait pengaduan di Pasar Semampir yang sudah direspon, lanjut Ugas, itu merupakan hikmah atau manfaat dari call center Lapor Kand4. 

Sehingga pihaknya mengetahui apa saja keluhan masyarakat di bawah. 

Dari pengaduan itu program-program yang tidak pernah dipikirkan sebelumnya, menjadi catatan untuk direncanakan pada tahun berikutnya. 

"Itulah maksud Lapor Kand4, sehingga kita tahu persis apa keluhan dan kebutuhan masyarakat yang sesungguhnya," pungkas Ugas. ig/**/fa

584

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id