Pegiat Anti-korupsi Minta Wabup Probolinggo Pilih Sekda yang Tepat

Samsudin meminta sekda pengganti Soeparwiyono sosok profesional dan netral.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Pegiat anti-korupsi Kabupaten Probolinggo Samsuddin mengatakan, masa jabatan Sekda Kabupaten Probolinggo Soeparwiyono diketahui berakhir pada Desember 2022 mendatang. Penggantinya diharapkan tidak terafiliasi dengan partai politik manapun.  

"Kami minta kepada Wakil Bupati Timbul Prihanjoko mengambil langkah tepat, menunjuk Sekda baru dengan orang yang tepat," kata Samsudin yang juga Bupati LSM Lira Kabupaten Probolinggo, Kamis (6/10/2022). 

Samsuddin meminta Sekda yang dipilih nantinya benar-benar pro terhadap pemberantasan korupsi dan sama sekali tidak diperiksa oleh KPK dalam kasus TPPU ataupun gratifikasi yang menyeret P. Tantriana Sari dan Hasan Aminuddin. 

Hal itu supaya Pemkab Probolinggo bisa mengembalikan marwah dan kepercayaan masyarakat setelah adanya kasus OTT oleh KPK tahun lalu.

"Sejak peristiwa OTT terhadap Tantri dan Hasan, kepercayaan masyarakat benar-benar sangat berkurang kepada Pemkab Probolinggo. Oleh karena itu kami harap Sekda pengganti yang terpilih ini tidak ada keterlibatan dalam kasus ini, hal ini juga demi kebaikan pemerintah sendiri," tutur Samsuddin.

Samsuddin mendorong Wakil Bupati untuk memilih calon Sekda yang memiliki kompetensi, integritas, dan juga moralitas tinggi. 

"Sosoknya harus profesional, menjunjung netralitas dan tidak berafiliasi dengan kepentingan politik praktis manapun," pungkas Samsudin. ig/fa

1794

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id