Paiton Energy-POMI Bikin Biodiversity Garden 8.500 Meter Persegi

Biodiversity yang dibuat Paiton Energy-POMI.

PROBOLINGGO, beritakata.id - PT Paiton Energy dan POMI berpartisipasi aktif menjadi bagian dari solusi untuk permasalahan–permasalahan keragaman hayati baik lokal maupun nasional. Salah satu wujudnya adalah program Biodiversity Garden di komplek perumahan karyawan PLTU Paiton Energy (POH 2). 

Program Biodiversity Garden tersebut terletak di atas lahan seluas 8.500 m2 dan telah dibangun sejak 2014. Program ini merupakan hasil kerja sama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Kebun Raya Purwodadi. 

Dalam program ini Perusahaan melakukan upaya pelestarian jenis-jenis pohon yang sudah langka dan terancam punah. Pohon tersebut bukan hanya jenis daerah lokal setempat, tapi juga pohon langka yang ada di Indonesia.

Tujuan Paiton Energy dan POMI membuat Biodiversity Garden antara lain untuk melaksanakan upaya konservasi eksitu, meningkatkan pemahaman dan kesadaran serta menumbuhkan kecintaan terhadap keragaman hayati atau biodiversitas di bumi. Ini selaras dengan tujuan dari peringatan Hari Keragaman Hayati atau Biodiversity Day setiap tanggal 22 Mei.

Keragaman hayati merupakan jawaban atas tantangan pembangunan berkelanjutan, masalah perubahan iklim, dan ketahanan pangan.

Menyadari pentingnya keragaman hayati, Paiton Energy dan POMI telah juga melakukan program perlindungan keragaman hayati pada wilayah-wilayah yang berada di luar kompleks PLTU Paiton. Program tersebut juga sebagai bagian dari mitigasi perubahan iklim.

Diantaranya, program Hutan Rakyat yang disinergikan dengan peningkatan kesejahteraan di Desa Selobanteng, dan konservasi hutan bakau (mangrove) di Kampung Blekok, keduanya terletak di Situbondo, Jawa Timur. 

Hutan Rakyat Selobanteng memberikan manfaat berupa kelestarian lingkungan, peningkatan ekonomi warga, dan mitigasi perubahan iklim melalui penyerapan emisi karbon. Setiap tahun emisi karbon yang terserap di Hutan Rakyat tersebut minimal 3.853 tonC/Ha.

Sedangkan konservasi mangrove di Kampung Blekok, sebagai bagian untuk mitigasi perubahan iklim. Upaya konservasi tersebut disinergikan juga dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui ekowisata dan ekonomi kreatif.
Chief Financial Officer Paiton Energy, Bayu Widyanto mengatakan Perusahaan peduli dan aktif melakukan investasi lingkungan karena keragaman hayati sangat penting untuk menjaga kelestarian bumi. Ini sebagai upaya membangun masa depan bersama untuk semua kehidupan.

“Upaya menjaga keragaman hayati harus didukung semua pihak. Jadi kami berpartisipasi aktif untuk senantiasa menjadikan bumi sebagai tempat yang layak bagi semua makhluk untuk hidup dengan harmonis,” kata Bayu. 

Dalam hal ini Perusahaan berkolaborasi dengan semua pihak termasuk media. Program investasi untuk bumi ini kami sinergikan juga dengan peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar. 

CFS Manager PT Paiton Energy – POMI Bambang Jiwantoro mengatakan Perusahaan menerapkan upaya konservasi pohon langka dan terancam punah dalam membangun Biodiversity Garden ini. Taman tumbuhan langka, taman tumbuhan buah, taman tumbuhan obat, taman tumbuhan tumbuhan hias, dan taman tumbuhan hutan rimba campur merupakan tema yang diambil dalam melengkapi koleksi tumbuhan di Taman Keanekaragaman Hayati tersebut.

“Total pohon 6.000 spesimen yang sudah kami tanam di kawasan Biodiversity Garden dan sudah mulai kami perkenalkan ke lembaga-lembaga pendidikan di Kabupaten Probolinggo. Kami berharap dengan adanya taman ini, akan lebih banyak ruang terbuka hijau yang tentunya akan membuat lingkungan makin lestari,” kata Bambang.

Rencana ke depannya, Biodiversity Garden ini juga akan berfungsi sebagai Taman Pendidikan Probolinggo. Atas proyek ini, Perusahaan dianugerahi Penghargaan Indonesia Green Award untuk kategori Pengembangan Keanekaragaman Hayati pada tahun 2016, 2021 dan 2022.
Paiton Energy telah melaksanakan program CSR sejak tahun 2000 yang dirancang setiap tahun, dan dipantau oleh Komite Pengembangan Masyarakat. Program dikategorikan dalam tiga fokus yaitu mendukung keberlanjutan Perusahaan (pembangkit), keberlanjutan sosial ekonomi, serta keberlanjutan energi dan lingkungan. ae

1757

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id