Paiton Energy Dukung Usaha Perhutanan Sosial

Penandatanganan dukungan pengembangan usaha perhutanan sosial.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – PT Paiton Energy memperkuat komitmen terhadap lingkungan hidup dengan menandatangani pernyataan dukungan usaha Pengembangan Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

Dukungan pengembangan KUPS ini merupakan salah satu bentuk Inovasi Sosial dan Lingkungan.

Penandatanganan Pernyataan tersebut dilaksanakan di Auditorium Dr. Soedjarwo, Manggala Wanabakti, Jakarta, saat acara Festival PeSona (Perhutanan Sosial Nasional) pada Senin (5/6). 

PeSona diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tahun pada 5 Juni. 

Pernyataan ditandatangani oleh Bayu Anggoro Widyanto, Chief Financial Officer Paiton Energy, bersama sama dengan Dr. Ir. Bambang Suprianto, M.Sc., selaku Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, dan disaksikan oleh Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc., selaku Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan. 

Selain Paiton Energy, beberapa perusahaan lain juga menandatangani pernyataan dukungan, antara lain PT Semen Padang, PT Pertamina, PT PLN Indonesia Power, dan PT Astra Internasional Tbk.

Chief Financial Officer PT Paiton Energy Bayu Widyanto mengatakan melalui program ini, Perusahaan akan berperan aktif melaksanakan inovasi sosial dan lingkungan dengan mendukung peningkatan kinerja program Hutan Sosial. 

Direktur Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Dr. Ir. Bambang Suprianto, M.Sc. menyatakan bahwa Inovasi Sosial dan Lingkungan dengan pelibatan peserta Proper dalam Pengelolaan Perhutanan Sosial dilaksanakan melalui peningkatan kapasitas Kelompok Perhutanan Sosial yang dapat berupa penguatan kelembagaan, pengembangan pengelolaan kawasan dan pengembangan kewirausahaan dan kerja sama usaha. 

Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc., menyatakan inovasi sosial menghasilkan transformasi dalam masyarakat melalui perubahan struktur, menciptakan hubungan baru, memungkinkan masuknya aktor baru dalam dinamika sosial serta partisipasi lebih banyak pelaku. Inovasi Sosial dan Lingkungan dalam program Hutan Sosial diharapkan dapat mengakhiri kemiskinan, menyelesaikan ketimpangan sosial, dan memberdayakan perempuan.

Paiton Energy akan terus berupaya dalam meningkatkan dampak positif terhadap lingkungan melalui praktik bisnis yang berkelanjutan dan inisiatif peningkatan kinerja lingkungan yang berkelanjutan. Perusahaan mensinergikan kegiatan penanganan perubahan iklim melalui Program Paiton bErsiNERGY. Program tersebut dilaksanakan dengan pendekatan pentahelix, yaitu kemitraan multipihak antara pemerintah, swasta, akademisi, masyarakat sipil, dan media massa.

Penanaman Pohon Kelor 
Momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia dijadikan juga oleh Paiton Energy dan POMI untuk makin giat berkontribusi dalam upaya menjaga kelestarian alam. 

Selain penandatanganan MOU Proper Hijau, Perusahaan bersama Pemerintah Desa Pondokkelor, melakukan penanaman pohon Kelor di Desa Pondokkelor, kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, yang terletak di dekat wilayah operasional Perusahaan.

Kegiatan tersebut diadakan pada 4 Juni 2023, dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat dengan total peserta yang hadir 200 orang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, Camat Paiton, Kapolsek Paiton, Danramil Paiton, BUMDESA, PKK, Warga Desa Pondokkelor, Kelompok Tani, Organisasi Masyarakat Alam Hijau dan Perisai Hutan, Pramuka. Jumlah pohon yang ditanam mencapai 1.070 pohon, yang terdiri dari 1.040 bibit pohon Kelor dan 30 pohon Tabebuya.

Human Resources Manager POMI Rochman Hidayat mengatakan Perusahaan selalu berkomitmen dalam mitigasi perubahan iklim, kegiatan penanaman pohon Kelor ini merupakan hal yang sangat penting untuk kelestarian lingkungan. Selain itu pohon Kelor juga berguna untuk meningkatkan gizi masyarakat sekitar. Pohon Kelor tidak hanya sekadar bisa dibuat sayur saja tapi juga bisa dibuat minuman atau makanan.

“Pohon Kelor dipilih sebagai spesies yang ditanam dalam kegiatan ini karena memiliki banyak manfaat. Pohon Kelor membantu dalam konservasi tanah, penyerapan karbon, serta mendukung keragaman hayati lokal. Melalui penanaman pohon Kelor, Perusahaan berharap dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi lingkungan dan masyarakat setempat,” kata Rochman.

Kepala Desa Pondokkelor Fredericks Ade Candra mengatakan dahulu nama Desa Pondokkelor berasal dari rumah yang terbuat dari pohon Kelor. Pada saat itu, pohon Kelor juga menghiasi jalan desa setempat. Namun seiring berjalannya waktu, pohon Kelor di desa ini mulai hilang, bahkan hampir tidak ada tanaman pohon Kelor. Dengan kegiatan ini, diharapkan Desa Pondokkelor, kembali dihiasi pohon Kelor.

“Saya mengajak masyarakat Desa Pondokkelor untuk ikut menjaga dan merawat pohon-pohon Kelor ini sampai tumbuh besar karena begitu banyak manfaatnya untuk program penghijauan desa,” kata Fredericks.

Perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo Subiono mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan penanaman tersebut, hal ini akan menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap lingkungan hidup. Selain itu, Subiono berharap keberlanjutan program penanaman pohon Kelor ini diharapkan akan terus berlanjut ke depannya.

Paiton Energy telah melaksanakan program CSR sejak tahun 2000 yang dirancang setiap tahun, dan dipantau oleh Komite Pengembangan Masyarakat. Program dikategorikan dalam tiga fokus yaitu mendukung keberlanjutan Perusahaan (pembangkit), keberlanjutan sosial ekonomi, serta keberlanjutan energi dan lingkungan. ig/fa

1069

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id