Pabrik Gula Hadapi Kendala, 14 Sudah Tutup Sejak Dibangun Era Hindia Belanda

Wahid Nurahman dan ilustrasi petani tebu.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo Wahid Nurahman membeberkan jadwal giling tebu dan aneka masalah yang dihadapi Pabrik Gula (PG). 

Menurut Wahid, PG Gending mulai giling pada 14 Juni 2023. Namun sejumlah kendala menghadang. 

Antara lain kendala bahan baku tebu. Pasokan tebu yang ada di wilayah historis PG Gending hanya sekitar 45 % dari kebutuhan.
Sehingga PG Gending harus mendatangkan dari luar wilayah untuk menutup kekurangannya, utamanya dari Lumajang. 

Kondisi ini mengharuskan PG Gending berkompetisi dengan PG-PG lain karena banyak PG yang mengambil tebu dari wilayah Lumajang. 

Kendala berikutnya, saat mendatangkan tebu dari Lumajang adalah keluhan terkait kondisi jalan Malasan - Gending yang rusak cukup parah di beberapa titik. 

"Saya berharap Pemkab Probolinggo segera memperbaikinya dengan jalan tendernya segera dipercepat sehingga bisa dirasakan manfaatnya oleh petani tebu utamanya untuk kepentingan giling tebu 2023 ini," kata politisi Golkar ini, Senin (26/6/2033). 

Sedangkan PG Wanolangan, lanjut Wahid, mulai gilingnya 25 Mei 2023 sampai hari ini masih lancar. 

Wahid meminta Pemkab turut hadir dan ikut mencarikan solusi terbaiknya agar 2 PG di terus bertahan dan berkembangseperti zaman keemasannya dulu. 

Riwayatnya dulu, pemerintah Hindia Belanda banyak mendirikan PG di Kabupaten Probolinggo karena kondisi geografisnya tanah di Kabupaten Probolinggo cocok untuk tanaman tebu.

"Ada sekitar 17-an PG yang didirikan di Kabupaten Probolinggo. Lama kelamaan secara bertahap tinggal 3 PG. Pajarakan, Gending dan Wonolangan. 14 PG tutup. Sekarang yang giling 2 PG sedangkan PG Pajarakan sudah beberapa tahun tidak giling," tukas Wahid. 

Sebagai upaya mempertahankan PG, Wahid berharap agar masyarakat mau dan bergairah lagi menanam tebu agar pasokan bahan baku tidak perlu mendatangkan dari luar daerah lagi. ig/fa

1249

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id