Optimalisasi Pengelolaan dan Tingkatkan Pendapatan Asli Desa, 13 Desa se-Kecamatan Gending Diberi Pelatihan

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa di Aula Perpustakaan Universitas Panca Marga (UPM) Dringu

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Dalam rangka optimalisasi pengelolaan aset desa dan peningkatan pendapatan asli desa, para Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Bendahara Desa se- Kecamatan Gending mengikuti Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa di Aula Perpustakaan Universitas Panca Marga (UPM) Dringu, Selasa (3/10/2023).

Acara tersebut dihadiri dan dibuka secara resmi oleh Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo Heri Sulistyanto. Hadir pula Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi serta pejabat dari Inspektorat Kabupaten Probolinggo.

Pada pelatihan dengan tema “Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Aset Desa untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa” itu, para peserta diberikan pemahaman sekaligus pengetahuan oleh narasumber dari Dinas PMD, BPPKAD dan Inspektorat Kabupaten Probolinggo.

Camat Gending Widodo Hadi Siswanto menyampaikan, terkait masih adanya aparatur pemerintah desa yang belum seluruhnya memahami cara mengelola aset desa, maka dengan pelatihan ini nantinya diharapkan dapat memahami pengelolaan desa dengan baik dan tertib.

“Juga diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang ada dalam pengelolaan aset desa,” terang Camat Gending.

Plh. Sekda Heri Sulistyanto juga menjelaskan, aset desa yang menjadi perhatian bersama dan akan menjadi permasalahan yang besar apabila tidak dikelola dengan baik dan benar.

Dengan pelatihan ini diharapkan nantinya dapat merubah paradigma dan pola pikir para Kepala Desa dan perangkatnya dalam pengelolaan aset desa.

Menurut Heri, dengan pola pikir dan orientasi terkait pengelolaan aset ini berpeluang dan memiliki manfaat yang luar biasa. Tentunya dalam pengelolaan aset yang benar, nantinya dapat berpengaruh terhadap kondisi kehidupan masyarakat, terutama dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan meningkatkan pemahaman dalam pengelolaan aset desa,” harap Heri. ig/fat

688

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id