Netralitas dan Redam Money Politics Hasilkan Pemilu Bermutu

Kepala Bakesbangpol Ugas memaparkan cara menghasilkan pemilu demokratis dan bermutu.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo Ugas Irwanto berharap sejumlah pihak terkait betul-betul harus netral menghadapi tahapan Pemilu 2024. 

Pasalnya, di saat tidak netral muncul kecurigaan yang membuat suasana tidak kondusif. Bakesbangpol bertugas menjaga kondusivitas daerah. 

"Salah satu yang membuat tidak kondusif adalah money politics. Pemilu juga tak lepas dari money politics yang susah diredam. Kita berantas money politics sehingga kualitas pemilu di Kabupaten Probolinggo berkualitas," ujar Ugas saat memberikan sambutan dalam launching sentra penegakan hukum terpadu (Gakkumdu) yang digelar Bawaslu setempat di Paiton, Senin (28/11/2022). 

Menurut Ugas, money politics sudah menjadi budaya dalam pemilu. Masyarakat sudah tertanam di pikirannya kalau caleg tidak memberikan duit dianggap pelit. 

Pikiran seperti itu bagi Ugas adalah bahaya dan salah. Sehingga masyarakat memaksa calon memberikan uang dengan segala cara. 

"Kita ubah budaya itu pelan pelan. Kalau kita sosialisasikan dengan massif, bisa dikurangi yang namanya money politics. Kami akan buat satgas khusus untuk memerangi money politics dan mengajak pihak terkait untuk netral," tukas Ugas. 

Apalagi, saat ini seluruh partai punya kesempatan yang sama di Kabupaten Probolinggo untuk meraih suara sebanyak-banyaknya. Sehingga pihaknya mengajak pihak terkait menjaga netralitas untuk menghasilkan pemilu bermutu. ig/fa

1119

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id