Momen Kesaktian Pancasila, Kecamatan Wonomerto Lunas PBB 100 Persen

Camat Wonomerto Kabupaten Probolinggo Ali Kusno menjadi inspektur upacara Hari Kesaktian Pancasila. Di akhir upacara, Ali Kusno menyerahkan piagam penghargaan dari Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto terhadap 9 kades yang melunasi PBB.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Pemerintah Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor Kecamatan setempat Senin (2/10/2023). 

Upacara tersebut dipimpin langsung oleh Camat Wonomerto Ali Kusno yang bertindak sebagai inspektur upacara, dan diikuti oleh Danramil, Kapolsek, 11 kepala desa dan seluruh perangkat desa se-Kecamatan Wonomerto. 

Upacara berlangsung penuh hikmat dan penghayatan, guna memaknai Hari Kesaktian Pancasila. 

Camat Ali Kusno dalam sambutannya membacakan sambutan Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto. 

Ali Kusno mengatakan, Hari Kesaktian Pancasila diharapkan mampu menggugah masyarakat agar mengenang jasa para jenderal yang gugur dalam peristiwa pemberontakan Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia. Peristiwa tersebut merupakan sejarah kelam bangsa Indonesia. 

"Sebagaimana pesan Pj Bupati Probolinggo, Hari kesaktian Pancasila ini diharapkan menjadi momen memperkuat persatuan dan kesatuan. Serta mengingatkan kembali terhadap nilai-nilai Pancasila yang menjadi ideologi negara. Semangat memperkuat persatuan dan kesatuan diharapkan menjadi ajang kebersamaan dalam membangun Kabupaten Probolinggo," tandas Ali Kusno. 

Penghargaan Desa Lunas PBB
Di akhir upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Camat Ali Kusno, Sekcam Rashidi, dan Danramil Wonomerto menyerahkan piagam penghargaan dari Pj Bupati Probolinggo kepada 9 kepala desa yang berhasil melunasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2023. 

Piagam tersebut diserahkan kepada kepala desa Patalan, Sumberkare, Jrebeng, Pohsangit Lor, Tunggalcerme, Sepuhgembol, Pohsangit Wetan, Pohsangit Ngisor, dan Kedungsupit. Kesembilan desa tersebut sudah melunasi PBB sebelum jatuh tempo pada 29 September 2023 lalu. 

Sedangkan dua desa lainnya sudah melunasi PBB pada Agustus lalu, dan diberi apresiasi pada malam resepsi HUT RI Agustus 2023. Yaitu Desa Kareng Kidul, dan Wonorejo.

"Kecamatan Wonomerto nomor 6 dalam pelunasan PBB se-Kabupaten Probolinggo. Alhamdulillah kita lunas sebelum jatuh tempo pada 29 September 2023. Karena itu, kita dapat apresiasi dari Bapak Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto," jelas Ali. 

Menurut Ali Kusno, saat awal dirinya menjabat Camat Wonomerto tiga bulan silam, Kecamatan Wonomerto masuk urutan ke-18 dalam pelunasan PBB. Realisasi yang masuk hanya Rp 36 juta saat itu. 

"Saya lalu dipanggil ke Mal Pelayanan Publik di Dringu untuk diaudit di hadapan Asisten Setda Pemkab Probolinggo, BPPKAD, Inspektorat dan Satpol PP.  Kami membuat komitmen untuk pelunasan. Alhamdulillah kini PBB sudah lunas 100 persen. Mudah-mudahan semangat ini bisa terjaga, agar pada 2024 PBB lunas lebih awal pada Juli atau Agustus," kata Ali Kusno. 

Ali pun menyampaikan terima kasih kepada seluruh petugas pemungut PBB yang bekerja dengan semangat. 

Tak lupa Ali Kusno juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat Wonomerto yang sudah melunasi PBB, sebab PBB juga dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan dan pelayanan. ig/**/fa

669

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id