Minta Masyarakat Bersiap Sambut Kawasan Industri

Andi menekankan pentingnya pendidikan dan skill menyambut kawasan industri.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Kawasan industri segera dibangun di Kabupaten Probolinggo. Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo mengajak segenap elemen mempersiapkan sejumlah hal agar masyarakat mendapatkan manfaat dari kawasan industri. 

Andi menjelaskan, yang perlu diperhatikan adalah SDM di masyarakat. Bagaimana kiranya SDM yang dimiliki di Kabupaten Probolinggo memenuhi dan sesuai dengan standar dan kebutuhan perusahaan nantinya. 

"Pendidikan anak-anak kita harus dipersiapkan dari sekarang. Minimal lulus tingkat SMA dan berkuliah. Sehingga ketika pendidikan sudah terpenuhi bisa bekerja di kawasan industri yang bakal ada," ucap Andi, Sabtu (15/10/2022).

Selain itu, Andi meminta kepada para investor di kawasan industri yang bakal dibangun di Kabupaten Probolinggo, untuk tidak membeli tanah ke para calo atau makelar. 

"Mendatang, akan dibangun kawasan industri di Kabupaten Probolinggo. Tentunya banyak yang perlu dipersiapkan. Para investor diharapkan untuk membeli tanah langsung kepada pemiliknya," tukas Andi. 

Tak hanya investor, pemilik tanah juga diharapkan menjual tanahnya sesuai dengan harga pasaran. Sebab, investor bisa melirik di daerah lain jika biaya pembebasan lahannya tinggi. 

Diketahui, Pemkab Probolinggo segera membangun kawasan industri di kecamatan tertentu. Kawasan industri berkonsep industri hulu dan hilir. 

Kepastian itu didapat saat Pemkab Probolinggo menghadiri rakor bersama Kementerian ATR di Jakarta, 28 September pekan lalu. 

Rombongan Pemkab Probolinggo dihadiri Wabup Timbul Prihanjoko, Ketua DPRD Andi Suryanto Wibowo, para kepala OPD, salah satunya Kepala Dinas PUPR Hengki CS. ig/fa

1870

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id