Melatih Kreativitas dan Kepemimpinan Siswa, SDN Kebonagung I Gelar Persami Dua Hari

Kegiatan Persami SDN Kebonagung I Kraksaan berlangsung sukses.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - SDN Kebonagung I Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, menggelar Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di halaman sekolah, Sabtu (17/6/2023) dan Minggu (18/6/2023). 

Kegiatan tersebut diikuti oleh 31 siswa dari kelas III hingga VI,  dengan didampingi oleh kakak pembina Pramuka dari SMA 1 Kraksaan, sebanyak 15 orang. 

Selain dipandu sejumlah kakak pembina pramuka, kegiatan persami juga didampingi Dwi sasongko, selaku pembina Pramuka sekolah beserta guru dan komite sekolah.

Mereka berkolaborasi dalam kegiatan tersebut,  sebagai wujud implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui kegiatan persami. Dengan tujuan siswa lebih menyadari, memahami dan melaksanakan hak serta kewajibannya untuk beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis. 

Hal itu diwujudkan dalam bentuk rangkaian kegiatan selama Persami. Di antaranya latihan baris berbaris, membangun tenda bersama, sholat berjamaah, senam, permainan yang melatih ketangkasan dan kekompakan siswa, menjelajah dan kegiatan positif lainnya. 

Kepala Korwil Cabang Dinas Pendidikan Kecamatan Kraksaan Sofiah Hastutik, turut hadir dalam mendukung kegiatan persami yang sekaligus menyalakan api unggun pada malam persami.

Kepala SDN Kebonagung I Puguh Santoso mengatakan dalam sambutannya saat apel penutupan, Persami bertujuan melatih kerja sama dan gotong royong dengan sesama anggota kelompok. Meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Belajar mencintai alam serta melatih kepemimpinan dan kreativitas.

"Api unggun juga memberikan makna, bahwa kita harus kuat dan berenergi, tidak boleh loyo. Kita juga harus menjadi cahaya atau penerang bagi yang lain," jelas Puguh.

Kegiatan Persami berjalan lancar dan sukses berkat dukungan dari wali murid serta kerjasama yang baik antara sekolah dan komite. 

"Harapannya SDN Kebonagung I selalu  konsisten dalam mendidik siswa-siswinya menjadi insan yang beriman, bertakwa, berilmu, mandiri, kreatif dan cinta tanah air. Sesuai dengan profil Pelajar Pancasila," kata Sekretaris Komite Sekolah Igustin Fuji. ig/fa

332

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id