Masyarakat Antusias, Sejumlah Lurah Sebut Pelayanan Keliling Disdukcapil Kota Probolinggo Sangat Membantu

Warga Kota Probolinggo antusias mengikut inovasi jemput bola pelayanan keliling Adminduk Disdukcapil.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Tidak hanya warga, sejumlah lurah di Kota Probolinggo juga mengaku senang dengan inovasi jemput bola pelayanan keliling Adminduk gelaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Probolinggo. 

Seperti yang diutarakan oleh Lurah Kebonsari Wetan Andayani Resmi H. 

Menurut Andayani, layanan jemput bola tersebut mendapatkan respon positif dari warga Kelurahan Kebonsari Wetan. Bahkan masyarakat antusias mengikuti pelayanan keliling Adminduk di kantor kelurahan tersebut. 

"Sebelum digelar pelayanan keliling di kantor kelurahan, kami sudah sampaikan informasi tersebut kepada masyarakat, para ketua RT dan ketua RW. Ternyata masyarakat sangat antusias untuk mengikuti pelayanan tersebut karena tidak perlu jauh-jauh datang ke mall pelayanan publik, cukup di Kantor Kelurahan,"  kata Andayani

Dikatakan, masyarakat antusias menyambut layanan jemput bola tersebut, pasalnya banyak warga yang masih belum sempat melakukan perekaman E-KTP sehingga warga ramai-ramai mengikuti pelayanan tersebut.

"Harapan kami, layanan jemput bola ini tidak berhenti sampai di sini, namun ke depan juga ada keberlanjutan karena manfaatnya sangat jelas dirasakan oleh warga Kebonsari Wetan," tukas Andayani. 

Antusiasme masyarakat terhadap layanan jemput bola tersebut juga dirasakan oleh warga Kelurahan Tisnonegaran. Hal tersebut diungkapkan oleh Lurah Tisnonegaran Siti Hotijah. 

Pada hari pertama pelayanan keliling di kelurahan Tisnonegaran pada Rabu (11/18/2023), sudah sekitar 50 orang yang mengikuti pelayanan keliling. 

Bahkan warga mengusulkan agar pelayanan tersebut ditambah menjadi tiap 6 bulan sekali dalam satu tahun. 

"Masyarakat Tisnonegaran dan saya mengucapkan terima kasih atas pelayanan Disdukcapil ini. Karena ini sangat membantu warga kami dalam mengurusi Adminduk. Bahkan ada yang usul agar digelar 6 bulan sekali. Jadi warga yang sibuk bebannya bisa lebih ringan untuk mengurusi Adminduk yang cukup dilakukan di kantor kelurahan, tidak perlu ke mall pelayanan publik," kata Siti. 

Diketahui, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Probolinggo mendukung suksesnya gelaran Pemilu tahun 2024 mendatang dengan melakukan jemput bola memberikan pelayanan keliling administrasi kependudukan (Adminduk).

Kabid Pelayanan dan Pendataan Penduduk Disdukcapil Teguh Ginanjar Prasetyo menjelaskan, pelayanan keliling tersebut dilaksanakan sejak Senin (5/6/2023) lalu hingga Kamis (12/10/2023).

Pelayanan keliling tersebut menyasar seluruh warga Kota Probolinggo di 29 kelurahan dan memprioritaskan perekaman KTP.

“Pada akhirnya, pelayanan keliling ini berhubungan dengan suksesnya gelaran Pemilu 2024. Pemilu mendatang itu kan salah satunya berhubungan dengan Adminduk. Jadi mungkin ada warga yang belum ber-KTP bisa perekaman,” jelas Teguh. 

Selain itu, jika ada warga yang tinggal di suatu kelurahan namun secara administrasi kependudukan baik KTP, KK dan lainnya masih berasal dari luar kelurahan atau daerah, bisa mengurus administrasi tersebut di pelayanan keliling itu.

“Dengan adanya kegiatan ini kan artinya memperbarui data kependudukannya. Harapannya, pada pelaksanaan pemilu 2024, masyarakat secara administrasi kependudukan sudah sesuai dengan realnya. Sehingga bisa memanfaatkan hak suaranya saat Pemilu dan tidak ada permasalahan administrasi di kemudian hari,” tandas Teguh.  ig/**/fa

673

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id