LPA Sosialisasikan UU Perlindungan Anak, Pasal 76 Penting Dicatat

Sosialisasi UU Perlindungan Anak yang digelar LPA Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Probolinggo menggelar sosialisasi Undang-undang Perlindungan Anak dengan "Tema Optimalisasi Peran Pendidik dan Tenaga Pendidikan Dalam Mewujudkan Generasi Emas".

 

Sosialisasi tersebut digelar di SMAN 1 Paiton dengan peserta siswa SLTP, SLTA, MA dan MTS pada Rabu (26/7/2023). Lalu di SMAN 1 Gending dengan peserta siswa SLTA dan MA pada Kamis (27/7/2023), serta di SMAN 1 Sumberasih dengan perserta ssiwa SLTP, MTS, SLTA dan MA pada Jumat (28/7/2023).

Ketua LPA Kabupaten Probolinggo Slamet Riyadi mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut dalam rangka menjamin dan melindungi hak-hak anak agar dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal, sesuai harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

“Kami juga memberikan sosialiasi UU Perlindungan anak dengan narasumber yang berkompeten,” kata Slamet, Rabu (26/7/2023).

Salah satu pasal dalam UU Perlindungan Anak yang disosialisasikan tentang Pasal 76 c UU 35 Tahun 2014 tentang perlindungan Anak dengan ancaman pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun 6 (enam) bulan dan/atau denda paling banyak Rp 72 juta.  

"Ancaman itu ditujukan kepada setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan, atau turut serta melakukan kekerasan terhadap Anak," kata Slamet.

Adapun narasumber yang didampuk dalam kegiatan sosialisasi yang berlangsung selama tiga hari tersebut adalah Ketua LPA Kabupaten Probolinggo Slamet Riyadi dan Kepala DP3APPKB Kabupaten Probolinggo dr Anang Budi Yoelijanto, serta Akmad dari Puspaga DP3APPKB. ig/fa

840

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id