Konsumsi Chikibul Bisa Sebabkan Luka Bakar Bahkan ISPA

Chikibul

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – Jajanan chiki ngebul atau yang kerap disebut chikibul belakangan ini mulai banyak diperbincakan. Pasalnya, makanan ini bisa menyebabkan keracunan bagi orang yang mengkonsumsinya.

Penyebab keracunan itu sendiri berasal dari nitrogen cair yang digunakan dalam makanan tersebut sehingga bisa mengeluarkan asap. Ternyata, nitrogen cair itu bisa menyebabkan keracunan dan bahan menimbulkan penyakit lainnya.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengeluarkan surat edaran (SE) NO. KL.02.02/C/90/2023 tentang pengawasan terhadap penggunaan nitrogen cair pada prduk pangan siap saji.

Adapun dampak penggunaan nitrogen tersebut terhadap tubuh kita yakni, dapat menimbulkan penyakit ISPA, tenggorokan terasa terbakar, luka bakar, nyeri di bagian perut, mual muntah serta perut membesar.

Makanan ini banyak disukai oleh anak-anak. Biasanya, gejala yang muncul pasca mengkonsumsi makanan ini adalah sakit perut yang teramat sangat, mual, munta dan perut membuncit.

Hal yang bisa dilakukan adalh berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung nitrogen itu. Bila sudah terlanjur, berikan minum yang cukup, jangan paksa orang yang mengkonsumsi untuk memuntahkannya dan segera bawa ke fasilitas kesehatan. ig/fat

981

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id