Kompak, Plt Bupati dan Forkopimda Salat Id di Kraksaan

Plt Bupati menyerahkan sapi kurban.

PROBOLINGGO, beritakata.id – Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko bersama Forkopimda dan pejabat Pemkab Probolinggo, kompak melaksanakan salat Id di masjid Ar-Raudlah Kraksaan, Minggu (10/7/2022). 

Tampak bersama Timbul yaitu Kajari David P Buarsa, Sekda Soeparwiyono, Asisten Ekbang Hasyim Ashari, Kepala Kemenag S Bakhtiar, sejumlah kepala OPD dan perwakilan forkopimda. 

Timbul mengajak masyarakat meneladani Nabi Ibrahim, totalitas dan loyalitasnya sangat tinggi dalam melaksanakan perintah Tuhan. 

Dia juga mengajak agar selalu memperkuat koordinasi dan komunikasi antara pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat dan masyarakat luas untuk saling memberi kontribusi dalam membangun Kabupaten  

"Koordinasi dan komunikasi menjadi awal dan berperan penting untuk membawa Kabupaten Probolinggo lebih baik," kata Timbul saat sambutan sebelum Salat Idul Adha 1443 H bersama ribuan masyarakat. 

Menurutnya, kekompakan dan kerja sama dibutuhkan untuk kembali pultih di semua sektor. Dia berharap pandemi Covid-19 benar-benar lenyap dan wabah PMK segera berakhir agar ibadah normal dan perekonomian masyarakat khususnya peternak dapat kembali pulih. 

Apalagi, setelah melewati pandemi Covid-19, tahun ini kembali mendapat cobaan berupa wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak terutama sapi.

Menurut Timbul, dengan fenomena pandemi Covid-19 dan wabah PMK, kurban semakin memberikan kesadaran kepada kita bahwa harta yang kita miliki bukanlah mutlak milik kita, melainkan hanya titipan dari Allah SWT yang di dalamnya terdapat hak orang lain.

“Dengan berkorban kita semakin dekat dengan Allah SWT. Hal ini selaras dengan makna kurban itu sendiri yakni mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan perintah-Nya,” tegasnya.

Bertindak sebagai imam dalam sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah di Masjid Agung Ar-Raudlah Kraksaan adalah Habib Ali Al Kaff selaku Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Qur’an Kelurahan Patokan Kecamatan Kraksaan sekaligus khotib dengan tema “Berbahagia dengan Berbagi” dan bilal Misnari Ilyas.

Usai sholat Idul Adha 1443 Hijriyah, Plt Bupati Timbul menyerahkan hewan kurban berupa satu ekor sapi kepada Takmir Masjid Agung Ar-Raudlah KH Sa’dullah Asya’ari.

Tahun ini Masjid Agung Ar-Raudlah Kota Kraksaan menerima hewan kurban berupa 6 ekor sapi dan 17 ekor kambing dari sejumlah OPD, instansi dan masyarakat yang ada di Kabupaten Probolinggo. ig

1399

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id