Komisi III Kawal Kepatuhan Waktu Proyek Jalan Pasar Baru

Proses pelaksanaan sidak (foto: ngopibareng.id)

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Proyek perbaikan dua ruas jalan di kawasan Pasar Baru, Kota Probolinggo, tengah menjadi sorotan karena tantangan kepemenuhan waktu.

Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, beberapa proyek tidak selesai sesuai jadwal, sehingga DPRD Kota Probolinggo mengingatkan agar proyek ini selesai tepat waktu.

Inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan oleh Komisi III DPRD Kota Probolinggo pada Senin (9/10/2023) menyoroti proyek perbaikan dua ruas jalan, yaitu Jalan Prajurit Siaman dan Jalan Tjut Nya' Dien.

Proyek perbaikan ini mencakup pembaruan lapisan aspal, pengerukan drainase, dan perbaikan trotoar. Masing-masing ruas jalan memiliki pagu anggaran sebesar Rp 2 miliar.

Ketua Komisi III DPRD Kota Probolinggo, Agus Riyanto, menjelaskan bahwa perbaikan dilakukan oleh satu pelaksana proyek, PT Green Contractor, dengan fokus utama pada perbaikan saluran drainase untuk mencegah genangan air saat musim hujan.

Selain dua ruas jalan tersebut, pengerukan drainase juga dilakukan di Jalan Pahlawan dan Panglima Sudirman.

Saat sidak, progres pengerjaan perbaikan dua ruas jalan ini mencapai 8 persen, melebihi target sebesar 2 persen.

“Namun, perbaikan endapan bekas pengerukan dan pemotongan pohon yang masih tersisa harus segera diselesaikan dalam seminggu ke depan untuk mencegah gangguan bagi masyarakat yang hendak ke pasar,” kata Agus.

Agus menekankan pentingnya pemilihan material drainase sesuai spesifikasi dan menuntut agar pelaksana proyek menyelesaikan proyek ini tepat waktu, yaitu pada awal Desember 2023, untuk menghindari potensi putus kontrak yang dapat merugikan masyarakat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman, Setyo Rini Sayekti, menjelaskan, sisa pemotongan pohon dan pengerukan drainase merupakan kewajiban pelaksana proyek, sesuai dengan rekomendasi Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Proyek ini memiliki target penyelesaian pada tanggal 6 Desember 2023, dengan progres saat ini mencapai 8 persen atau plus dua persen dari target komulatif,” tandasnya. ig/fat

613

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id