KH Anwar Sadad Gerindra Ngaji Bersama Ibu-ibu Muslimat

KH Anwar Sadad memberikan tausyiah dalam pengajian Muslimat NU.

PASURUAN, BERITAKATA.id - Ketua Gerindra Jatim KH Anwar Sadad memang serba bisa. Selain politisi kawakan, aktivis dan intelektual muda, Sadad juga seorang kiai. 

Tak heran jika keluarga Pengasuh Ponpes Sidogiri luwes memimpin pembacaan shalawat di sejumlah kesempatan, termasuk saat menghadiri pengajian ibu-ibu Muslimat NU Gempol Kabupaten Pasuruan, Jumat (18/11/2022). 

Gus Sadad fasih melalafalkan shalawat dan bersuara merdu. Ibu-ibu Muslimat mengikuti dengan khidmat. 

Menurut Gus Sadad, pengajian rutin yang diadakan tiap bulan merupakan bagian dari konsolidasi umat, memperkuat ukhuwah, serta syiar agama yang efektif.

Dalam pesannya, Gus Sadad menyitir hadis Nabi Muhammad bahwa tegaknya kehidupan dunia karena kuatnya empat hal sebagai pilarnya, yaitu ilmunya Ulama, kebijakan yang adil dari penguasa, kedermawanan orang-orang kaya, dan doanya kaum awam.

Keempat pilar itu, lanjut Gus Sadad, harus dijaga harmoninya. Ditanamkan nilai-nilai respek. Saling menghormati fungsi dan tugas masing-masing. Kata orang Jawa namanya sawang-sinawang.

"Yang ditunggu dari para kiai dan bu nyai apanya? Ya ilmunya. Yang ditunggu dari saya kawan-kawan yang ada di lembaga pemerintahan apa? Ya kebijakan-kebijakan dan aturan-aturan yang mengandung keadilan," ujar Gus Sadad. 

Di akhir ceramahnya, Gus Sadad mengajak para jamaah bershalawat bersama.

Tapi tak lupa, Gus Sadad menyelipkan parikan jenaka di sela-sela bacaan selawat bersama. 

"Sabun wing dipangan wereng// Wajahe glowing gulune ireng// Sabun wing dicampur dedek// Wajahe glowing sikile burek//," ujar Gus Sadad. 

Kontan parikan itu disambut tawa terpingkal-pingkal seluruh jamaah pengajian yang digelar di Masjid Ussisa Alattaqwa Desa Kejapanan Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan itu. ig/fa

1632

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id