Ketua Gerindra Jatim: Ponpes Genggong Konsisten Cetak Pemimpin

Gus Sadad menyebut lembaga pendidikan sudah sedikit yang mencetak pemimpin.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Ketua DPD Gerindra Jatim Gus Anwar Sadad menegaskan, Ponpes Zainul Hasan Genggong istikamah mencetak pemimpin di tengah banyaknya lembaga pendidikan yang kurang fokus mencetak pemimpin. 

"Ponpes Genggong juga mencetak kiai dan pemimpin. Sekarang ada calon pemimpin dari Ponpes Genggong. Banyak pemimpin yang berasal dari Ponpes Genggong. Pemimpin yang lahir dari pesantren bisa lebih amanah," kata Sadad saat menghadiri Haul KH Soleh Nahrawi dan Masyayikh Ponpes Zainul Hasan Genggong, Kecamatan Pajarkan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (3/8/2022).

Menurut Gus Sadad yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim, keberadaan pondok pesantren di Republik Indonesia sangatlah penting di masa kini karena memberikan kontribusi yang besar kepada negara. 

“Di tengah suasana semakin sedikit lembaga pendidikan yang fokus mencetak calon ulama dan pemimpin yang amanah, di sinilah mereka di cetak. Ponpes Genggong memberikan kontribusi besar dalam kehidupan keberagamaan,” kata Gus Sadad.

Ia pun mengutip salah satu prediksi salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW, Abdullah Bin Masud. Suatu ketika, Abdullah bertanya kepada sahabat lainnya.

“Bagaimana kamu semua nanti bila berpakaian fitnah? Orang tua gampang sakit dan anak-kecil mudah dewasa. Fitnah dijadikan suatu pegangan,” kata Sadad mengutip pertanyaan Abdullah.

Sadad melanjutkan, lalu sahabat lainnya pun bertanya kapan masa itu akan datang. Dijawab, masa itu terjadi saat banyak orang ahli pidato dan ceramah tapi sedikit ulama’, banyak pemimpin tapi sedikit yang amanah dan banyak orang yang bermotif dunia tapi membungkusnya seakan-akan bermotif akhirat.

“Oleh karena itu, semoga ponpes termasuk Genggong bisa mencetak ulama, pejabat, ahli ilmu yang memegang agama. Kita harus berterima kasih kepada guru dan orang tua kita karena kita termasuk ke Ahlul Ilmi Waddiyanah, termasuk orang berilmu dan memegangi agama,” tutur Sadad. fat/fa

1707

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id