Kemeriahan Malam Penutupan HUT RI, Merawat Seni Budaya, Menghargai Jasa Pahlawan

Kegiatan malam penutupan Dirgahayu RI di Desa Kebonagung, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – Kemeriahan penutupan Semarak Kemerdekaan HUT Ke-78 Republik Indonesia, terjadi di Desa Kebonagung, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (26/8/2023) malam.

Bagaimana tidak. Kepala Desa Kebonagung Widi Purwanto membangun panggung Semarak Kemerdekan. Mengajak warga melestarikan seni budaya, mengisi kemerdekaan dengan kegiatan positif, serta menghargai sejarah dan jasa pahlawan.

Suasana hening terjadi Ketika mantan Kepala Desa Kebonagung Harun Al-Rasyid menceritakan pengalamannya menjabat kades sejak tahun 1964 hingga 2006, atau selama 42 tahun. Harun merupakan pahlawan di hati warga Desa Kebonagung.

Menurut Harun, tidak mudah membangun Desa Kebonagung hingga menjadi desa yang aman dan kondusif hingga sekarang. Butuh perjuangan dan pengorbanan.

Yang mengejutkan, Harun masih memikirkan Kebonagung. Salah satunya, dia menyarankan agar seluruh gang di Dusun Krajan diberi nama agar mudah mencari alamat rumah.

“Di timur, bisa dinamai gang simpang tiga. Di gang blok Pak Samidin, bisa diberi nama gang buntu. Di gang Ketua RT Akhmad Hasan, bisa dikasih nama gang Madura,” kata Harun di hadapan ratusan warga Desa Kebonagung. Saran ini mendapatkan tepuk tangan warga.

Sementara, Widi Purwanto menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh pihak dan warga sehingga Semarak Kemerdekaan HUT Ke-78 RI di Kebonagung berlangsung meriah.

“Kita isi kemerdekaan dengan penuh kekompakan dan guyub. Terus melaju untuk Indonesia maju,” ujar Widi.  

Pada malam penutupan di halaman depan rumah Kades Kebonagung tersebut, anak-anak dan remaja menampilkan minat dan bakat, serta hiburan, seperti qiroah, tari-tarian, paduan suara, koreografi, joget Tik tok, dengan mengenakan pakaian adat dan profesi.

Seluruhnya bertemakan HUT RI dan Bhinneka Tunggal Ika. Kegiatan Peringatan Hari Besar Nasional itu juga dimeriahkan dengan hiburan musik electone. Menambah gebyar dan meriah closing Dirgahayu RI.

Diketahui, malam penutupan menjadi acara puncak rangkaian kegiatan Semarak Kemerdekaan. Sebelumnya, aneka lomba, jalan sehat dan hiburan, telah berlangsung di seluruh penjuru dan dusun Kebonagung, termasuk di Dusun Krajan. ig/fa

719

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id