Keluar Ujung Tol Trans Jawa, Pemudik Bisa istirahat di Pos Mudik

Pos mudik di depan Exit Tol Paspro Kecamatan Leces.

PROBOLINGGO, beritakata.id - Pintu keluar tol Trans Jawa Jakarta-Probolinggo sejauh 840 Kilometer berada di  Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo. Pintu keluar tol tersebut juga dikenal dengan Probolinggo Timur. 

Kendaraan diprediksi mengalami lonjakan mulai Kamis (28/4/2022) malam ini, setelah cuti bersama ditetapkan sejak Jumat (29/4/2022). Sehingga warga dan karyawan beramai-ramai mudik pada malam ini. 

Di depan exit Tol Leces, tersedia pos pengamanan dan pelayanan Mudik 2022 yang dibangun Polres Probolinggo. 

Pos tersebut menyediakan tempat istirahat berupa kursi dan meja, serta ranjang portabel untuk pemudik yang ingin rehat sejenak usai menempuh perjalanan jauh. Makanan ringan dan minuman juga disiapkan. 

Tak hanya tempat istirahat, pos pengamanan juga menyiapkan gerai vaksin untuk melayani pemudik untuk disuntik vaksin booster. Dua orang tenaga kesehatan dari Puskesmas Leces siaga di pos tersebut. 

Lalu, ada juga pos yang ditempati sejumlah personel Polri, TNI, Dishub dan Satpol PP yang memantau pergerakan kendaraan dan siap mengatur lalu lintas jika terjadi kemacetan di pintu keluar tol Leces tersebut. 

Kapolres Probolinggo AKBP Teuku Arsya Khadafi meminta pengendara untuk istirahat jika mengantuk di pos tersebut usai mengemudikan kendaraannya dengan jarak jauh. 

Sebab, jalur Probolinggo berada di tengah antara Surabaya dan Banyuwangi, Jember dan Lumajang.  Tak heran jika banyak sopir yang mengantuk setelah sampai di tol wilayah Probolinggo. 

Sopir yang mengantuk membahayakan perjalanan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan. 

"Demi keselamatan bersama, sopir atau pemudik yang menggunakan jalur tol Trans Jawa untuk istirahat di pos pengamanan maupun rest area. Kecelakaan di tol tak jarang disebabkan sopir yang mengantuk," kata Arsya usai meninjau pos pengamanan. 

Arsya menambahkan, pihaknya menerjunkan ratusan anggota Polri untuk mengamankan Mudik kali ini. Para petugas juga mengingatkan pemudik untuk istirahat sejenak jika mengantuk. 

Jaka, pemudik asal Jawa Tengah, mampir ke pos mudik depan Exit Tol Leces, berniat istirahat sejenak. Dia membawa minibus dari Jawa Tengah yang ditumpangi keluarganya.

"Mau istirahat sebentar. Lelah dan mengantuk. Nyaman tempatnya. Terus kita merasa aman istirahat di sini karena  ada petugas polri dan TNI yang siaga," tukas Jaka. 

Diberitakan sebelumnya, Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Probolinggo AKP Dadang memperkirakan lonjakan kendaraan pemudik di Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) maupun jalur Pantura Probolinggo bakal terjadi pada Kamis (28/4/2022) sore hingga malam. Karena itu, pihaknya sudah bersiap mengantisipasi kemacetan.

Persiapan itu meliputi rekayasa lalu lintas di sepanjang jalur Pantura Kabupaten Probolinggo apabila ada kemacetan.

Selain itu, pihaknya akan mengarahkan pengendara yang melewati Tol Paspro untuk keluar di exit Tol Probolinggo Barat supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan di exit Tol Leces. ig

1510

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id