Kapolres Probolinggo Ngopi Bareng Media, Ini yang Dibahas

Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardhana membangun sinergi dengan awak media.

Wisnu mengapresiasi Piramida karena menjadi ajang tukar ide dan diskusi antara kepolisian dan awak media.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id – Kapolres Probolinggo AKBP Wisnu Wardhana menggandeng awak media dalam memerangi informasi tidak benar atau hoaks menyambut tahun politik Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Wisnu dalam kegiatan Ngopi Bareng Media (Piramida) di sebuah kafe di Kraksaan, Kamis (24/8/2023). Piramida dihadiri Kapolsek Kraksaan, Kasatlantas, Kasat Intelkam, dan 30-an wartawan cetak dan elektronik yang tergabung dalam Forum Mitra Media Polres Probolinggo.

Menurut Wisnu, hoaks menjelang Pemilu harus diantisipasi. Karenanya, pihaknya akan menggelar sosialisasi penguatan literasi digital, dengan menggandeng media, LSM dan organisasi kemahasiswaan.  

“Hoaks berbahaya. Menjelang Pemilu biasanya hoaks akan muncul. Kami menggandeng rekan-rekan media untuk bersama-sama memerangi informasi hoaks,” ujar Wisnu.

Di sisi lain, Wisnu mengapresiasi Piramida karena menjadi ajang diskusi dan bertukar informasi antara Polres Probolinggo dan awak media. 

Sementara, Ketua Forum Mitra Media Polres Probolinggo Ahmad Faisol menegaskan, hoaks perlu diwaspadai karena mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Hoaks sering muncul di media sosial dan berpotensi memecah belah Masyarakat.

Media massa yang merupakan sumber informasi terpercaya, berada di garda terdepan memerangi hoaks. Apalagi, media massa memiliki kemampuan cek fakta informasi hoaks.

“Berita di media massa menjadi rujukan informasi bagi masyarakat. Karena melalui proses jurnalistik, konfirmasi, klarifikasi, dan cover both side. Kami siap bersinergi dengan Polres Probolinggo menangkal dan memerangi hoaks,” kata Faisol.

Menyinggung Piramida, menurutnya kegiatan Piramida sebagai tanda dibukanya kran komunikasi lebar-lebar antara kepolisian dan awak media. 

Acara Piramida berlangsung guyub dan akrab. Wisnu dan sejumlah awak media terlibat dialog interaktif mengenai situasi Kamtibmas di tengah-tengah masyarakat. ig/fa

 

755

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id