Jurnalis KOMPAS.com Berbagi Tips Menulis Berita

Faisol memaparkan tips menulis berita media online.

PROBOLINGGGO, beritakata.id - Workshop Menulis dan Video Kreatif yang digelar Yayasan Pelita Umat dan Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Probolinggo, menghadirkan narasumber jurnalis KOMPAS.com, Ahmad Faisol.
 
Materi kali ini merupakan sesi terakhir dari rangkaian kegiatan workshop sebelumnya. Sama seperti kegiatan pada sesi sebelumnya, workshop kali ini digelar di ruang SMPIT Pelita Kota Probolinggo, Sabtu (23/7/2022).

Faisol mengatakan, penulis profesional menulis lead dari unsur who, salah satu unsur dari 5W 1H dalam sebuah lead atau alinea pertama sebuah berita. 

"Who ini bisa tokoh, lembaga atau organisasi.  JIka ada peristiwa besar, langsung tembak saja keterangan atau peristiwa dari narasumber atau lembaga terkait," kata Faisol. 

Dia mencontohkan, berita Presiden RI Joko Widodo yang membeli sapi milik peternak sapi di Kabupaten Probolinggo saat wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) melanda. 

Dalam berita tersebut, pada lead langsung ditulis "Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo membeli sapi seberat 1,13 ton dari Mulyono, seorang peternak asal Suku Tengger Bromo, Desa Ngadas, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur".

Peserta sangat serius menyimak materi yang disampaikan oleh Faisol. 

Pada kesempatan tanya jawab, sejumlah peserta menyampaikan beragam pertanyaan seputar penulisan berita. 

Salah satunya peserta dari STIKES Hafshawaty Genggong, yang menanyakan tips menentukan judul berita. 

Sementara itu, Uum, peserta dari SMAN 1 Bantaran, menanyakan mengenai jumlah kata ideal sebuah teaser atau pengantar sebuah berita.

Berbagai pertanyaan yang muncul ditanggapi dengan baik dan tuntas oleh pemateri.

Usai tanya-jawab, peserta diminta untuk praktik langsung menulis berita. Dari waktu lima menit yang disepakati, terpaksa diperpanjang untuk memberi kesempatan peserta menyelesaikan tulisannya. (hazmet)

Artikel ini ditulis peserta workshop dan jurnalis warga 

1266

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id