Jembatan Kaca Bromo Probolinggo Bikin Wisatawan Betah Berlama-lama

Jembatan kaca di Probolinggo melengkapi keindahan Bromo.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Pemkab Probolinggo bersyukur jembatan kaca Bromo dibangun di Kabupaten Probolinggo. Jembatan kaca melengkapi fasilitas Bromo. Tak sekadar menopang even, jembatan kaca membawa Bromo juga menjadi jujugan sport tourism. 

Hal itu ditegaskan Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Probolinggo Bambang Heriwahjudi, Selasa (31/10/2023). 

Judi, panggilan Heriwahjudi, menjelaskan keunggulan jembatan kaca secara teknis konstruktif direncanakan, dilaksanakan, diawasi oleh ahlinya, bahkan sudah dilakukan uji coba. 

"Dampak bagi perkembangan wisata tentu bagus, karena wisata Bromo tidak cukup hanya memandang keindahan Gunung Bromo, tapi juga harus ada event atau juga wahana lain yg melengkapi, sehingga wisatawan tidak sekedar melihat Gunung Bromo terus pulang, tapi tinggal berlama lama di Bromo karena adanya event yang melengkapi," jelas Judi. 

Karena adanya wahana wahana yang melengkapi, lebih banyak lebih baik, entah dibangun oleh Pemerintah atau juga oleh swasta. 

Adapun even yang memanfaatkan jembatan kaca yakni amphiteater. Di infrastruktur, tempat masuk atau melintas jembatan kaca, bisa ditampilkan seni budaya lokal, juga pertunjukan lain, dan direncanakan di kaki Seruni Point. 

"Lalu menjadi sarana untuk olahraga paralayang, sehingga nantinya tidak hanya target prestasi atlet, regenerasi atlet, tapi juga mengarah ke sport tourism," jelas Judi.

 Jembatan kaca Bromo ini dlrencana diresmikan akhir tahun 2023. Jembatan memiliki panjang 120 meter dengan lebar 1,8 meter dan dibangun di atas jurang berkedalaman 80 sampai 100 meter. Lokasi Jembatan Kaca Seruni Point berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. ig/fa

800

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id