Jamaah Haji Probolinggo yang Hilang Ditemukan, Anaknya Sempat Yakin Masih Hidup

Foto tiga dimensi Masjidil Haram Makkah.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Niron Sunar Suna (70), jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo yang sempat dikabarkan menghilang akhirnya ditemukan, Selasa (11/7/2023).

Sayangnya, Niron ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia di Rumah Sakit An-Noor Mekkah. 

Diketahui, pria asal Desa Muneng Kidul, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo itu berangkat haji pada Rabu (16/6/2023) lalu dari kloter 65 Surabaya bersama sang istri, Kamsani (68).

Yusup, puta Niron menyebut, setelah dirinya mendapati kabar duka tersebut, pihaknya langsung menggelar tahlilan di rumahnya.

“Saya sangat berduka. Saya jadi kepikiran dengan ibu saya. Ibu saya di sana sendiri," tutur Yusup.

Yusup menjelaskan, kondisi Niron sebelum berangkat haji terbilang sehat. Keluargaya pun khawatir setelah mendengar kabar hilangnya Niron karena tidak diketahui penyebab Niron menghilang.

Selain itu, Niron juga tidak membawa alat komunikasi apapun selama berhaji. Hanya Kamsani yang memegang handphone.

Kamsani menghubungi keluarga yang ada di Indonesia setelah Niron menghilang.

“Saya sempat menawarkan agar dibelikan handphone untuk haji, tapi ayah saya menolak. Jadi hanya ibu saya yang memegang handphone. Selain itu, ayah saya orangnya memang pemalu,” terang Yusup.

Yusup menambahkan, kedua orang tuanya sudah dua kali gagal berangkat haji karena kebijakan dari Arab Saudi saat Covid-19 dan juga pengurangan kuota haji. 

Kedua orang tuanya senang setelah mendengar kabar keberangkatan haji mereka di tahun 2023 ini.

Yusup tidak memiliki firasat buruk selama Niron menunaikan haji. Setalah ia mendapat kabar Niron menghilang, Yusup langsung mencari kabar melalui Kemenag. 

Pihak Kemenag pun membenarkan. Di hari itu pula, petugas di Arab Saudi menemukan kartu nama Niron di wilayah Mina.

Yusup masih sempat yakin ayahnya masih hidup selama tidak ada kabar terkait ayahnya. Namun, setelah mendengar kabar duka itu, pihaknya hanya bisa merelakan kepergian sang ayah dan langsung menggelar tahlilan serta doa keselamatan untuk sang ibu yang masih berada di Arab Saudi. ig/fat

887

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id