Jadi Wanita Pertama Duduki Jabatan Sekda di Bondowoso, Haeriyah Yuliati Diingatkan Soal Filter Terakhir Kebijakan Bupati

Pj Bupati Bondowoso memimpin langsung pelantikan Pj Sekda

BONDOWOSO, BERITAKATA.id - Secara resmi, Haeriyah Yuliati dilantik menjadi Pj Sekretaris Daerah Bondowoso, pada Jum'at (3/11/2023). 

Pelantikannya dipimpin langsung oleh Pj Bupati Bondowoso, Bambang Soekwanto, disaksikan oleh Ketua DPRD Ahmad Dhafir, dan seluruh pejabat eselon II, dan III. 

Pelantikan ini merupakan tindak lanjut setelah ditunjuknya Bambang Soekwanto sebagai Pj Bupati yang melaksanakan tugas hingga sekitar November 2024 mendatang.

Hal tersebut, lantaran masa akhir jabatan Bupati dan Wakil Bupati sebelumnya telah tuntas pada September 2023. Sementara Kabupaten Bondowoso menjadi salah satu kabupaten di Jawa Timur yang akan menyelenggarakan Pilkada serentak pada November 2024 mendatang. 

Ketua DPRD Ahmad Dhafir, usai pelantikan, mengharapkan agar Pj Sekda yang baru dilantik, ini mampu membantu tugas-tugas utama Bupati. 

Kemudian, bisa menciptakan ketengan batin terhadap ASN. Utamanya, pimpinan OPD sehingga fokus melayani rakyat. 

"Mampu menciptakan ketenangan batin," urainya. 

Di lain sisi, Ketua DPC PKB ini berharap agar nantinya Pj Sekda ini betul-betul menjadi filter terakhir kebijakan Bupati. 

Sebagai Ketua Badan Anggaran DPRD, Ahmad Dhafir mengatakan, pentingnya juga ke depan bagaimana mempercepat pembangunan di Bondowoso. Terlebih keluhan masyarakat perihal jalan. 

"Tentu kami memberikan dukungan, karena orientasi kita yang utama adalah rakyat," jelasnya. 

Sementara itu, Pj Bupati, Bambang Soekwanto, menerangkan, pemilihan Haeriyah Yuliati untuk mengemban tugas sebagai Pj Sekda tak semata karena unsur kedekatan. Melainkan karena kapabilitas yang bersangkutan. 

"Tentu karena kapabilitas, dan profesionalisme yang dimiliki Haeriyah Yuliati," jelasnya. 

Ia pun memberikan tugas pertama agar bisa berkoordinasi dan menghimpun kepala OPD agar bersinergi satu sama lain. 

"Harus dan wajib mendukung program-program untuk masyarakat," pungkasnya.

Untuk informasi, saat ini Haeriyah Yuliati juga menjabat sebagai Asisten 1 Pemkab Bondowoso. Sebelum itu, wanita pertama yang menjadi Pj Sekda di Bondowoso ini pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Kepala Bagian Organisasi, Kepala Bagian Humas, dan pernah juga menjadi Camat di Kecamatan Tlogosari, Kecamatan Bondowoso. ig/och

692

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id