Jadi Desa Maju dan Juara BRIlian, Desa Binor Harumkan Probolinggo

Kepala Dinas PMD Edy Suryanto dan Kades Binor Hostifa Wati bersinergi menyukseskan pemberdayaan masyarakat.

PROBOLINGGO, BERITAKATA.id - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Probolinggo, Edy Suryanto mengatakan, Pemkab Probolinggo bangga memiliki Desa Binor, Kecamatan Paiton. Sebab, desa tersebut betul-betul memaksimalkan sumber dayanya.

“Desa Binor memaksimalkan dan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki, baik dari segi sumberdaya alam maupun sumberdaya manusianya. Mereka memiliki inisiator dan inspirasi yang luar biasa,” kata Edy, Senin (12/12/2022).

Selain itu, lanjut Edy, Desa Binor juga memaksimalkan dukungan dari perusahaan yang ada di sekitarnya. Apa yang diperoleh, betul-betul dimanfaatkan. Terbukti dari sejumlah prestasi yang diperoleh sehingga mengharumkan Kabupaten Probolinggo di tingkat nasional.

Kepala Desa Binor, Hostifa Wati menyebut, pihaknya memang memiliki visi. Yakni sebagai desa yang mandiri dan sejahtera.

“Kami memiliki potensi di sini. Kami memiliki wisata Pantai Binor Harmony (Bohay) dan juga UMKM. Kami punya program One RT One Product, total ada 15 produk yang sudah dipasarkan. Dinas PMD turut memberikan pembinaan kepada kami untuk membangun desa sesuai dengan regulasi,” terang Hostifa. 

Menurut Hostifa, Dinas PMD juga menjadikan Desa Binor sebagai perwakilan Kabupaten Probolinggo untuk mengikuti lomba desa. Pihak desa juga diikutkan studi banding menjadi desa anti-korupsi.

Diketahui, Desa Binor dinobatkan sebagai Desa Maju dua kali berturut-turut oleh Kemendes PDTT RI pada tahun 2021 dan 2022. 

Pada tanggal 20 Desember 2022 mendatang, Desa Binor dipanggil ke Jakarta memperoleh penghargaan sebagai juara satu desa BRIlian 2022. 

Program Desa BRILIan adalah program Bank BRI, yang bertujuan menghasilkan desa-desa yang dapat dijadikan percontohan dalam pengembangan desa melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul. ig/fat

1298

© . All Rights Reserved. Powered by beritakata.id